- Advertisement -

CIGADUNG Berita Sepekan: 01/05/22

Berita Lainnya

BANDUNG, infobdg.com – Sejumlah kabar yang terjadi selama sepekan akan dirangkum dalam satu halaman berita dalam CIGADUNG Berita Sepekan. Berikut ini adalah rangkumannya.

Puncak BUBOS 6 Tebarkan 1,4 Juta Paket Rantang Cinta Hingga Infak 4,4 M

Puncak acara BUBOS (Bulan Berbagi on The Street) 6 yang berpusat di Alun-Alun Kuningan sukses diselenggarakan dan berhasil membagikan 1,4 juta paket makanan rantang cinta kepada warga yang membutuhkan.

Tak hanya di Jabar, acara ini juga menjadi ajang berbagi warga di berbagai provinsi Indonesia.

Sementara, jumlah infak yang terkumpul dari 3 minggu berlangsungnya BUBOS 6 mencapai Rp4,4 miliar, yang berasal dari stakeholders pendukung acara serta para penyumbang dari masyarakat umum dan aparatur sipil negara (ASN).

Hal ini diungkapkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, saat menghadiri acara puncak sekaligus penutupan BUBOS 6 di Kabupaten Kuningan, Sabtu (23/4) lalu.

“Kita melaksanakan kegiatan berbagi dengan rekor Indonesia tapi belum tercatatkan, 1,4 juta paket kebaikan berupa rantang/paket makanan dibagikan oleh anak-anak sekolah dan anak-anak organisasi antara lain pramuka,” beber Kang Emil, sapaan akrabnya.

Selengkapnya: Puncak BUBOS 6 Tebarkan 1,4 Juta Paket Rantang Cinta Hingga Infak 4,4 M

Tekan Angka Stunting di Jabar, BKKBN: Fokus dari Hulu dan Keluarga

Stunting merupakan masalah yang dewasa ini menjadi fokus sebuah keluarga, di mana anak bisa mengalami gangguan pertumbuhan.

Angka stunting di Jawa Barat (Jabar) sendiri harus menjadi perhatian, sebab Jabar masuk ke dalam 12 provinsi prioritas yang memiliki prevalensi stunting tertinggi di Indonesia tahun 2022 ini.

Maka dalam rangka menyosialisasikan pelaksanaan percepatan penurunan Stunting di Jawa Barat, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melaksanakan kegiatan Forum Koordinasi Penanganan Stunting di Kota Bandung, pada Senin (25/4).

Dalam kesempatan tersebut, Deputi Advokasi, Penggerakkan, dan Informasi BKKBN, Sukaryo Teguh Santoso mengatakan, bahwa fokus pencegahan stunting adalah dengan pendekatan hulu dan keluarga.

“Pendekatan strategi nasional percepatan penurunan stunting itu memang adalah pencegahan. Jadi itulah hakikat pencegahan melalui keluarga. Pendekatan hulu. Mencegah jangan sampai ada kelahiran baru yang tergolong balita stunting,” beber Sukaryo kepada awak media.

Selengkapnya: Tekan Angka Stunting di Jabar, BKKBN: Fokus dari Hulu dan Keluarga

Bayar Zakat Makin Praktis via Kanal Digital Baznas Kota Bandung

Wargi Bandung, kini bayar zakat bisa lebih mudah dan praktis melalui kanal-kanal digital Baznas Kota Bandung. Inovasi ini langsung dijajal oleh Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, dalam acara peluncuran Gerakan Cinta Zakat di Pendopo, Rabu (27/4).

Untuk membayar zakat, ada tiga saluran yang bisa jadi opsi. Melalui QRIS di seluruh bank digital (mbanking dan ewallet), aplikasi ZX, dan situs web Baznas.

Yana pun menyambut positif inovasi ini. Ia berharap, proses pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19 dapat menjadi momentum peningkatan capaian zakat di Kota Bandung.

“Ini inovasi yang keren. Kota Bandung punya potensi zakat yang tinggi dibanding kota lainnya di Jaww Barat. Kunci sukses ke depannya ialah kepercayaan masyarakat untuk membayar zakat melalui Baznas,” beber Yana.

Selengkapnya: Bayar Zakat Makin Praktis via Kanal Digital Baznas Kota Bandung

Tumpukan Sampah Saat Lebaran Diprediksi Meningkat, DLHK Imbau Warga Terapkan Kang Pisman

Ilustrasi

Produksi sampah di Kota Bandung jelang dan saat hari raya Idulfitri 1443 H diprediksi akan meningkat. Hal ini mengingat ada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang ditutup, sehingga sampah akan menumpuk bila tak diolah dengan baik.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung, Dudy Prayudi. Ia pun mengajak masyarakat Kota Bandung untuk menerapkan Kang Pisman (Kurangi Pisahkan Manfaatkan sampah).

“Kami mengimbau masyarakat untuk memilah sampah yang organik dan anorganik dan menahan membuang sampah pada lebaran. Karena TPA Sarimukti ditutup,” kata Dudy, dalam gelaran Bandung Menjawab, Rabu (27/4).

Dudy menerangkan, penerapan Kang Pisman telah mengurangi lebih dari 20 persen sampah yang dikirimkan ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS). Maka, menurutnya penerapkan Kang Pisman secara langsung akan mengurangi beban penumpukan sampah.

Selengkapnya: Tumpukan Sampah Saat Lebaran Diprediksi Meningkat, DLHK Imbau Warga Terapkan Kang Pisman

Keluar Masuk Kota Bandung Selama Mudik Lewat 7 Akses Berikut Ini

Ilustrasi Terminal

Satu pekan ini akan menjadi momentum kembalinya arus mudik setelah pemerintah memperbolehkan masyarakat untuk pulang kampung. Bagi Wargi Bandung yang hendak keluar masuk Kota Bandung saat mudik lebaran, ada beberapa akses tol yang bisa digunakan.

Dijelaskan Kepala Bidang Keselamatan dan Ketertiban Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Asep Kuswara, bahwa ada enam gerbang tol yang bisa digunakan pemudik yang hendak meninggalkan atau datang ke Kota Bandung.

Keenam akses jalan tol tersebut antara lain adalah Pasteur, Pasir Koja, Moh Toha, Kopo, Buahbatu, dan Cileunyi.

“Seperti biasa, ada tol Pasteur, Pasir Koja, Kopo, Moh Toha, Buahbatu dan Cileunyi yang bisa digunakan selama mudik lebaran,” terangnya, Rabu (27/4).

Tetapi selain keenam gerbang tol tersebut, Asep juga menyebut interchange kilometer 149 Gedebage bisa digunakan oleh pemudik.

Selengkapnya: Keluar Masuk Kota Bandung Selama Mudik Lewat 7 Akses Berikut Ini

Lapang Gasibu Bisa Kembali Dipakai Salat Idul Fitri, Saf Diperbolehkan Rapat

Lapang Gasibu

Seiring dengan melandainya kasus Covid-19 di Jawa Barat, utamanya di Kota Bandung, pemerintah akhirnya kembali memperbolehkan Lapangan Gasibu sebagai tempat pelaksanaan salat Idulfitri 1443/2022.

Diperkirakan Hari Raya Idulfitri jatuh pada Senin, tanggal 2 Mei 2022.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beserta istri, Atalia Ridwan Kamil, dijadwalkan turut menunaikan salat Id berjamaah di Lapangan Gasibu bersama jajaran eselon II Pemda Provinsi Jabar serta masyarakat umum lainnya.

Dikatakan Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Jawa Barat, Barnas Adjidin, dibukanya kembali Lapangan Gasibu jadi tempat salat Id mengacu pada Surat Edaran Menteri Agama No 8 Tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah Bulan Ramadan dan Idulfitri 1443 H/2022.

Pada poin 12, disebutkan bahwa Pelaksanaan salat Id dapat dilaksanakan di masjid atau di lapangan terbuka dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Kami telah melakukan persiapan guna menggelar salat Id di Lapangan Gasibu setelah dua tahun tidak digelar di sana. Sejumlah persiapan telah dilakukan mengingat pelaksanaan salat Id masih di tengah pandemi,” ujar Barnas, Sabtu (30/4).

Selengkapnya: Lapang Gasibu Bisa Kembali Dipakai Salat Idul Fitri, Saf Diperbolehkan Rapat

Daftar Tempat dan Masjid yang Gelar Shalat Idul Fitri di Bandung 2022

ilustrasi foto

Tahun 2022 diharapkan menjadi titik balik kebangkitan pasca pandemi melanda tanah air. Selain kasus yang kian melandai, berbagai kebijakan juga semakin direlaksasi pemerintah. Khususnya menuju hari raya Idulfitri 1443 H, pemerintah akhirnya memperbolehkan “mudik” dan shalat Id berjamaah di lapangan terbuka maupun di Masjid.

Dua tahun lamanya masyarakat khusunya Wargi Bandung tidak melaksanakan shalat Id berjamaah. Tahun ini, umat Islam bisa merasakan kembali suasana keramaian shalat Id di Masjid Raya ataupun di lapangan.

Berikut merupakan daftar Masjid dan tempat yang melaksanakan shalat Id berjamaah pada 1 Syawal 1443 H yang diprediksi jatuh pada 2 Mei 2022:

Kota Bandung

  1. Masjid Raya Bandung (Jl. Dalem Kaum No.14)
  2. PPI Lapang Pussenif (Jl. Brigadir Jend. Katamso No.31)
  3. Lapang Gasibu (Jl. Diponegoro)
  4. Masjid Al-Ukhuwah (Jl. Wastukencana No.27)
  5. Masjid Istiqamah (Jl. Taman Citarum)

Selengkapnya: Daftar Tempat dan Masjid yang Gelar Shalat Idul Fitri di Bandung 2022

Itulah kabar yang terjadi selama sepekan ke belakang yang sudah dirangkum dalam satu halaman berita. Selamat berkatifitas dan tetap jaga kesehatan ya Wargi Bandung.

 

714,036FollowersFollow
2,564,459FollowersFollow
43,650SubscribersSubscribe
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img