- Advertisement -

Stadion Siliwangi, Tempat Berbagai Sejarah Persib Terukir

Berita Lainnya

BANDUNG, infobdg.com – “Jangan merasa sudah menjadi Bobotoh kalau belum pernah nonton Persib di Stadion Siliwangi,” kurang lebih begitulah ungkapan yang bisa menggambarkan betapa berartinya stadion yang berlokasi di tengah kota Bandung ini. Bukan tanpa alasan mengapa bisa sampai terucap kalimat seperti itu, hal ini karena banyaknya peristiwa serta sejarah yang tercipta baik bagi Persib maupun Bobotoh itu sendiri.

- Advertisement -

siliwangi-panoramio-com

Stadion Siliwangi sejatinya memang bukan milik Persib Bandung atau pun Pemkot Bandung. Lapangan yang memiliki kapasitas sekitar 30 ribu penonton ini milik Kodam III/Siliwangi. Ketika pertama kali diresmikan pada 1 Januari 1956, digelar pertandingan antara Persib Bandung melawan Persija Jakarta, yang tentu saja tensi pertandingan kedua tim belum sepanas saat ini.

Stadion yang berlokasi di Jalan Lombok ini menjadi tempat para legenda Persib ‘dilahirkan’. Beberapa nama seperti Adjat Sudrajat, Iwan Sunarya, hingga Robby Darwis sempat digenjot fisik dan mentalnya sehingga menjadi pemain yang sangat berpengaruh bagi Maung Bandung. Tidak hanya itu saja, Siliwangi (sebutan yang lebih familiar dikalangan Bobotoh) juga merupakan home-base­ ketika Pangeran Biru meraih gelar kompetisi perserikatan terakhir dan Liga Indonesia pertama pada tahun 1994-1995, serta menjadi saksi bisu ketika Persib menjuarai Celebes Cup II pada tahun 2012.

Pada tanggal 11 Juni 1987, di Stadion Siliwangi terdapat partai yang bisa dianggap kelas dunia. Bagaimana tidak, pada saat itu berlangsung pertandingan antara Persib yang berstatus juara liga perserikatan tahun 1986 melawan PSV Eindhoven, klub asal Belanda yang sedang pada puncak kejayaannya di dataran Eropa. Tim dari negeri kincir angin ini membawa hampir seluruh pemain bintangnya, termasuk Ronald Koeman (saat ini manajer Everton) dan Ruud Gullit. Meski begitu, pertandingan yang ditonton oleh 25.000 pasang mata ini berkesudahan 6-0 bagi tim tamu asal negeri tulip.

Pertandingan yang juga tak bisa dilupakan adalah ketika Persib berhasil mengalahkan Persija Jakarta. Pertandingan klasik yang terjadi pada liga Indonesia 2007 itu membuahkan kemenangan 3-0 bagi Maung Bandung. Dua gol kala itu dicetak oleh Christian Bekamenga dan 1 gol cantik yang diceploskan oleh Eka Ramdani.

siliwangi-bobotohbaladcirebon-blogspot-com

Mengingat saat ini Maung Bandung sudah memiliki kandang sendiri yaitu Gelora Bandung Lautan Api, Persib sudah tidak lagi menggelar pertandingan resmi di stadion yang memiliki ‘kepala maung’ di papan skornya ini. Meski begitu, Siliwangi terkadang masih digunakan sebagai tempat latihan fisik oleh tim Pangeran Biru.

Photo by : galamedianews.com| bobotohbaladcirebon.blogspot.com |panoramio.com |serbabandung.com 

- Advertisement -
706,078FollowersFollow
2,525,518FollowersFollow
41,450SubscribersSubscribe
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
- Advertisement -

Kuliner Bandung

- Advertisement -