- Advertisement -

Wisata Situ Cileunca di Pangalengan

Berita Lainnya

- Advertisement -

BANDUNG, infobdg.com – Pangalengan Kabupaten Bandung sudah lama terkenal dengan kebun teh dan salah satu penghasil susu terbaik di Bandung. Tapi, ada satu objek wisata baru yang bikin menarik banyak wisatawan untuk datang ke Pangalengan, bukan cuma untuk menikmati susu dan kebun teh. Ya di Pangalengan ada Situ Cileunca. 

Tahun 1918, daerah yang sunyi dipenuhi pohon dan tanaman belantara ini dibuat danau buatan diatas ketinggian 1550 mdpl, dengan luas sekitar 1.400 ha dan kedalaman mencapai 17 meter. Awalnya danau buatan ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan perairan warga setempat dan berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Seiring berjalan waktu, danau buatan ini bertransformasi menjadi objek wisata karna menyajikan panorama alam yang luar biasa indahnya karena dilengkapi dengan background pegunungan dan perbukitan alami yang sangat indah. Di sekitar situ terdapat camping ground, untuk yang ingin kemping disini. Situ Cileunca juga dilengkapi dengan perkebunan arbei dan stroberi. Selain itu kini objek wisata ini disambungkan dengan sungai palayangan yang akhirnya membuka juga fasilitas flying fox dan arum jeram dengan berbagai varian tarif dan fasilitas yang berbeda setiap paketnya.

Satu lagi yang membuat menarik Situ Cileunca adalah keberadaan Jembatan Cinta. Apakah bentuknya cinta? Atau ada simbol hati di jembatan ini? Bukan Wargi Bandung. Disebut Jembatan Cinta karena setiap sore banyak pasangan yang berpacaran di Jembatan Cinta. Belum lagi karna Jembatan Cinta menghubungkan dua desa, jadi banyak pasangan dari dua desa itu terpisahkan dan akhirnya bertemu di Jembatan Cinta. Romantis kan 😀

Jembatan Cinta pada awalnya dibangun oleh pemerintah desa secara swakelola dan pada awalnya dimaksudkan untuk membantu mobilitas transportasi dan ekonomi warga. Jembatan ini dibangun diatas Situ/Danau Cileunca yang menghubungkan dua desa. Jembatan Cinta juga akan memanjakan Wargi Bandung yang suka fotografi. Karna banyak angle artistik yang akan  menghasilkan foto yang indah.

Alamat :

Desa Warnasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Fasilitas yang terdapat di situ cileunca:

  1. Pesona alam yang sangat indah
  2. Perahu untuk mengelilingi Situ Cileunca
  3. Fasilitas Out Bound
  4. Fasilitas Arum Jeram
  5. Warung-warung Makan
  6. Mushola
  7. WC untuk MCK yang sangat baik dan bersih
  8. Kondisi jalan yang sangat baik

Tiket Masuk :

  1. Tiket Masuk Rp. 5000 hari biasa dan Rp. 10.000 hari libur.
  2. Out Bound Rp. 150.000-450.000/orang.
  3. Arum Jeram : Rp. 150.000/Orang.

Arah Lokasi

Dari Pusat Kota Bandung Naik kurang lebih 45 km Menuju Bandung Selatan

  • Dari Bandung :  Jl Kopo  Ketapang – Belok Kiri menuju Pengalengan
  • Atau bisa menggunakan jalur Cimahi – Cipatik – Soreang – terus menuju arah pengalengan
  • Rute dari Jakarta Masuk tol Cipularang terus menuju pintu keluar tol Kopo selanjutnya menuju ke arah pangalengan ( Desa Wanasari)
- Advertisement -
706,078FollowersFollow
2,525,534FollowersFollow
41,450SubscribersSubscribe
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
- Advertisement -

Kuliner Bandung

- Advertisement -