Daftar Pemain Asing Persib yang Berasal dari Afrika

16

BANDUNG, infobdg.com – Persib Bandung dianggap sebagai salah satu tim besar di Indonesia tidak terlepas karena permainan dan torehan prestasinya. Kemenangan demi kemenangan serta prestasi yang diraih tentu saja tidak terlepas dari kontribusi para pemainnya, termasuk pemain asing yang berasal dari wilayah Afrika.

Selama lebih dari satu dekade kebelakang, ada beberapa pemain yang berasal dari benua hitam yang memperkuat kesebelasan berjuluk Maung Bandung ini. Berikut daftar pemain yang berasal dari negara-negara di daratan Afrika.

Christian Bekamenga Bekamengo Aymard

Bekamenga - danish56.blogspot.com

Lebih familiar di kalangan Bobotoh dengan panggilan Christian Bekamenga, pemain kelahiran 9 Mei 1986 ini berposisi sebagai penyerang dengan nomor punggung 9 selama membela panji Persib Bandung. Bekamenga yang berkebangsaan Kamerun ini hanya dikontrak satu musim saja pada 2007 dengan nilai lebih dari 1,1 miliar Rupiah. Pemain yang sempat membela Kamerun U-23 ini mencetak 10 gol selama berkostum Persib.

George Clement Nyeck Nyobe

nyeck nyobe - america.pink.com

Berposisi sebagai bek tengah selama membela Persib Bandung. Nyeck Nyobe lahir pada 18 Maret 1983 di Kamerun. Memperkuat Pangeran Biru pada Divisi Utama Liga Indonesia 2007, pemain yang terkenal dengan kesigapannya dalam membangun pertahanan yang kokoh ini memperkuat persib di 36 pertandingan dan mencetak 3 gol.

Ekene Michael Ikenwa

Ekene Ikenwa - pikiran-rakyat.com

Ekene Ikenwa mencatatkan 13 gol selama 26 kali memperkuat Persib pada tahun 2005-2007. Performa yang cukup menjanjikan bagi seorang penyerang. Namun pemain berkewarganegaraan Nigeria ini akhirnya pindah ke Persekabpas pada musim 2007-2008.

Redouanne Barkaoui

Barkoui (kiri) - mangdien.blogspot.com

Barkaoui lahir pada 4 April 1979 di Maroko. Pemain yang memperkuat Persib selama dua musim mulai 2006 ini menggunakan nomor punggung 10. Ia pemain yang bisa berposisi sebagai gelandang maupun penyerang. Pemain yang terkenal dengan selebrasi tari jaipongnya ini mencetak total 15 gol selama berkostum Maung Bandung.

Abanda Herman

abanda herman - sidomi.com

Abanda Herman didatangkan Persib pada tahun 2011. Ia mencatatkan 74 penampilan dan mencetak 9 gol bagi Maung Bandung. Catatan yang impresif bagi seorang bek. Pemain asal Kamerun yang akhirnya memeluk agama Islam ini mengakhiri kontraknya di Persib pada tahun 2013.

Herman Dzumafo Epandi

97db73890ff3922ab25f6e0938218bc1

Dzumafo yang berposisi sebagai penyerang lahir pada 21 Februari 1980 di Kamerun. Ia didatangkan Maung Bandung pada musim 2012-2013. 6 gol dari 16 penampilannya dianggap kurang menjanjikan, sehingga pada musim berikutnya ia pindah ke Sriwijaya FC.

Georges Parfait Mbida Messi

Mbida Messi - bola.net

Mbida Messi sempat sedikit mengejutkan Bobotoh saat diisukan dikontrak Persib pada 2012 lalu, karena memiliki kesamaan nama dengan Messi (Barcelona). Namun sayang, keberuntungan gelandang asal Kamerun ini tidak sama dengan Lionel Messi. Mbida Messi hanya mencatatkan 11 penampilan dan mengemas satu gol saja selama memperkuat Pangeran Biru.

Makan Konaté

makan konate - bola.net

Konaté didatangkan ke Bandung dari PS Barito Putera pada 2013. Konaté termasuk salah satu pemain yang berhasil mengantarkan Persib Bandung meraih gelar kedua di ajang Liga Indonesia. Pemain kelahiran 10 November 1991 asal Mali ini merupakan otak dari serangan Maung Bandung. Kelihaiannya dalam membaca permainan dan membuat peluang bagi pemain didepannya tidak diragukan lagi. Bernomor punggung 10 selama memperkuat Pangeran Biru di Liga Indonesia 2014, Konaté tampil selama 28 pertandingan dan mencetak 13 gol.

Djibril Coulibaly

djibril-coulibaly-persib-persebaya-2

Didatangkan Persib Bandung satu paket dengan Makan Konaté pada 2013 lalu, Coulibaly diproyeksikan akan menjadi duet sehati dengan Konaté, mengingat keduanya sukses di PS Barito Putera. Walaupun turut membantu Pangeran Biru merengkuh gelar Liga Indonesia, tapi pemain berpaspor Mali ini dianggap kurang memuaskan selama berposisi sebagai penyerang. 21 penampilan dan 8 gol bagi Persib Bandung tak membuatnya cukup bertahan di Ibu Kota Jawa Barat, sehingga semusim kemudian ia pindah ke Semen Padang.

Michael Essien

Eks punggawa Chelsea dan Real Madrid ini datang pada awal musim 2017/2018 dengan status pemain termahal Liga 1 Gojek Traveloka dengan banderol 800 euro atau kisaran 9 miliyar rupiah.  Hal ini tentu menjadi perbincangan hangat di berbagai media lokal maupun media luar dengan bergabungnya Essien ke tim Maung Bandung. Kini Essien menjadi  jendral lapangan tengah di Persib Bandung.

Ezechiel N’Douassel

Bergabung pada paruh kedua Liga 1 Gojek Traveloka, Ezechiel tampil apik pada laga debutnya melawan Arema FC. Penyerang yang juga kapten dari timnas Chad ini tidak hanya mengandalkan badannya yang cukup kekar, tapi kelincahannya pun bisa diandalkan di lini depan Maung Bandung.

Selain itu ada beberapa pemain asal Afrika yang pernah membela Persib Bandung :

David Pagbe

persib-_-david-ngan-pagbe-_-bek-anyar_20151114_184529

Louis Berty Ayock

LouisbertyAyock - wikipedia

Chioma Kingsley

Moses Sakyi

Moses Sakyi - wowkeren.com

Brahima Traore

BcjgJqXCcAAV6AH

Foto : america.pink.com | wowkeren.com | bola.net | wikipedia | pikiran-rakyat.com | danish56.blogspot.com | mangdien.blogspot.com | sidomi.com | jabar.tribunnews.com

 

Komentar

Total Komentar

1 COMMENT

Comments are closed.