BANDUNG, infobdg.com – Kebakaran yang terjadi di Pasar Ujungberung pada Minggu (9/6) lalu, membuat 88 lapak kehilangan ruang dagangnya. Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, memerintahkan PD Pasar Bemartabat untuk segera siapkan lahan tempat penampungan sementara bagi para pedagang terdampak kebakaran agar mereka bisa segera kembali berdagang.

“Saya minta ada lahan untuk mereka (pedagang) dan dibuatkan tempat jualan sementara,” tegas Mang Oded, sapaan akrabnya, Selasa (11/6).

Foto: Humas Pemkot Bandung

Oded meminta aparat kewilayahan dan pihak terkait dapat bersinergi untuk menanggulangi masalah tersebut. “Mudah-mudahan cepat tanggap. Pak camat, Dirut PD Pasar dan sebagainya, secepatnya membantu agar pedagang tak terlalu lama berhenti berdagang,” lanjut Oded.

Pjs Direktur Utama PD Pasar Bermartabat Kota Bandung, Andri Salman pun mengatakan, untuk penampungan pedagang sementara, PD Pasar Bermartabat akan menggunakan lahan dinas perhubungan yang lokasinya tak jauh dari Pasar Ujungberung. Namun, lahan tersebut hanya mampu menampung 54 kios, sementara pedagang terdampak ada 88. Sisanya tidak bisa ditampung karena ukuran lapaknya hanya 2×2 meter.

“Alhamdulilah, Dishub meminjamkan lahan untuk digunakan lapak sementara. Nanti kita akan rapihkan. Tetapi seperti toko mas dan sebagainya tidak mungkin untuk menempati tempat berjualan sementara, karena stok dan lain halnya,” terang Andri.

Sebagai solusinya, PD Pasar Bermartabat akan membantu membenahi kios-kios yang terdampak agar bisa ditempati kembali. “Ya kita bantu sebisa mungkin. Mulai dari membersihkan puing-puing agar bisa berdagang kembali,” jelasnya.

Komentar

Total Komentar