- Advertisement -

Dishub Kota Bandung Prediksi Puncak Arus Mudik Terjadi H-5 Lebaran

Berita Lainnya

BANDUNG, infobdg.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung memprediksi puncak arus mudik Lebaran di Kota Bandung tahun ini akan terjadi pada Sabtu (8/5) mendatang atau H-5 Idul Fitri 1442 H.

Ilustrasi by Infobdg

Prediksi tersebut didasarkan pada ketentuan hari libur atau cuti bersama sektor swasta. Selain itu, Dishub juga memprediksi arus balik Lebaran di Kota Bandung akan terjadi pada Minggu (16/5) mendatang atau H+3 Idul Fitri 1442 H.

Dikatakan Kepala Bidang Manajemen Transportasi dan Parkir Dinas Perhubungan Kota Bandung, Khairul Rijal, pihaknya juga memprediksi akan adanya lonjakan penumpang di beberapa terminal bus di Kota Bandung.

“Pencatatan kami di dua terminal (Leuwi Panjang dan Cicaheum) dalam dua tahun terakhir menunjukan adanya penurunan (penumpang). Tapi tahun ini diperkirakan akan ada lonjakan mengingat tahun lalu mudik tidak diperbolehkan,” ujar Rijal di Taman Dewi Sartika, Balai Kota Bandung, pada Kamis (25/3).

Ia menambahkan, kapasitas penumpang bus antar kota untuk mudik juga belum diatur. Khoerurijal mengaku pihaknya masih menunggu arahan Kementrian Perhubungan mengenai aturan kapasitas penumpang bus.

Meski saat ini pemerintah pusat tidak melarang mudik Lebaran mendatang, Dinas Perhubungan Kota Bandung mengaku sudah mempersiapkan berbagai skenario jika mudik diperbolehkan.

“Hingga saat ini belum ada larangan mudik seperti tahun lalu. Tapi kami akan tetap mempersiapkan semuanya. Apalagi Kota Bandung juga termasuk destinasi wisata,” imbuh Rijal. ***(Cyn)