- Advertisement -

Ketahui Hewan Kurban Layak dan Sehat via Aplikasi E-Selamat

Berita Lainnya

BANDUNG, infobdg.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung membuat terobosan soal kelayakan dan kesehatan hewan kurban, yakni melalui sebuah aplikasi yang dapat mendeteksi keabsahan bahwa hewan tersebut sudah diperiksa.

Foto ilustrasi

Diungkapkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar, bahwa aplikasi tersebut diberi nama e-Selamat. Aplikasi ini memuat data hewan kurban yang telah diperiksa oleh Tim Pemeriksa Hewan Kurban.

Ia memaparkan, biasanya para tim pemeriksa hanya menyematkan kalung sebagai tanda sehat dan layak untuk hewan kurban. Namun, kali ini dalam kalung tersebut akan dilengkapi barcode.

Petugas tim pemeriksa akan mengunggah  beragam informasi hewan kurban ke aplikasi e-Selamat berdasarkan hasil dari pemeriksaan. Dari barcode tersebut, calon pembeli bisa mengakses informasi mengenai hewan kurban yang dibeli.

“Tahun ini kita mengembangkan aplikasi e-Selamat. Kita kembangkan untuk mendata identitas hewan kurban. Terkait asalnya dari mana, terkait syarat-suaratnya, usia kondisi kesehatan, dan sebaginya,” ucap Gin Gin, Jumat (16/7).

Wargi Bandung yang ingin memastikan kesehatan dan kelayakan hewan kurban bisa menggunakan aplikasi e-Selamat dari Instagram DKPP,  ataupun melalui link di website resminya.

Apabila sudah memiliki aplikasi tersebut, maka bisa langsung digunakan dengan hanya memindai kode ‘barcode’ yang tertera pada kalung di hewan kurban.

“Jadi setiap warga bisa mengetahui informasi data hewan termasuk fotonya. Sehingga bisa dipastikan hewan tersebut betul-betul sehat,” kata dia..

Gin Gin yakin dengan aplikasi ini seleksi hewan kurban akan semakin ketat. Sebab, satu kode ‘barcode’ hanya digunakan untuk satu ekor hewan yang sudah diperiksa.

“Karena selama ini juga ada isu bahwa kalung yang dipasangkan bisa dipindahkan ke hewan tidak sehat. Barcode ini unik hanya untuk satu identitas hewan. Jadi tidak bisa dipindah-pindahkan,” tegasnya.