Didukung Gubernur Jabar, Good Doctor dan GrabHealth Berikan Rapid Test Gratis Bagi Tenaga Kesehatan dan Mitra Pengemudi

Berita Lainnya

Pemkot Bandung Pastikan JPS Adil dan Tepat Sasaran

BANDUNG, infobdg.com - Agar masyarakat Kota Bandung bisa terbantu di tengah pandemi, penyaluran Jaring Pengaman Sosial (JPS) harus tepat dan adil. Hal itu...

Kota Bandung Belum Izinkan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga

BANDUNG, infobdg.com - Kegiatan olahraga yang melibatkan massa besar belum bisa dilaksanakan di Kota Bandung. Hal ini ditegaskan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, mengingat...

Pemkot Bandung Apresiasi Kesiapan Mall Hadapi AKB

BANDUNG, infobdg.com - Secara keseluruhan, Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna, menilai pengelola ma dan pusat perbelanjaan telah siap menghadapi Adaptasi...

Terapkan Protokol Kesehatan, Shalat Jumat di Masjid Al Ukhuwah Khusyu

BANDUNG, infobdg.com - Setelah lama tak gelar shalat berjamaah akibat pandemi virus Corona, pada Jumat (5/6) akhirnya Masjid Al Ukhuwah kembali laksanakan shalat Jumat...

BANDUNG, infobdg.com – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, telah memberikan instruksi untuk meningkatkan kapasitas rapid test di seluruh Indonesia.

Hal ini disambut baik oleh Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor) dan GrabHealth. Keduanya memutuskan untuk memperluas dan memperbanyak program rapid test gratis bagi para tenaga medis dan mitra pengemudi Grab di wilayah Jabar, utamanya Bandung, Bekasi, dan Bogor. Pun di kota-kota besar lainnya seperti Tangerang, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Medan, Palembang, Balikpapan, dan Makassar.

Secara keseluruhan, Good Doctor dan GrabHealth telah membantu pemerintah memberikan akses rapid test gratis ke total 13 kota di 10 provinsi di Indonesia. Hal ini diapresiasi penuh oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

“Kami berterima kasih atas inisiatif ini, dalam memberikan rapid test bagi tenaga kesehatan dan para driver di wilayah Bandung, Bekasi, dan Bogor. Program ini sangat baik dan bermanfaat dalam membantu kami dalam melawan Covid-19, karena hingga tanggal 12 Mei 2020 kemarin sudah terdapat 1.545 kasus positif Covid-19 di Jabar. Saat ini kami fokus pada peningkatan kapasitas rapid test agar bisa memetakan penyebaran dan segera menghentikan pandemi ini,” ujar Emil, sapaan akrab Gubernur Jabar itu.

Good Doctor dan GrabHealth menargetkan untuk memberikan rapid test Covid-19 gratis kepada 5,000 tenaga kesehatan dan mitra pengemudi Grab hingga akhir Mei 2020. Sebelum melakukan tes, baik tenaga kesehatan dan mitra pengemudi dapat masuk ke aplikasi GrabHealth powered by Good Doctor untuk berkonsultasi dengan mitra dokter Good Doctor di waktu yang telah ditentukan.

Konsultasi penting dilakukan sebagai skrining menentukan tingkat risiko Covid-19. Hanya mereka yang berisiko sedang atau tinggi lah yang dapat mengikuti program rapid test gratis ini. Seluruh biaya untuk pengadaan peralatan dan melakukan rapid test sepenuhnya akan ditanggung oleh Good Doctor dan GrabHealth.

“Sejak awal April, kasus positif nasional telah meningkat sebanyak 7 kali lipat dan dengan hampir 40% kasus positif berasal dari wilayah di luar Jakarta. Hal ini mendorong kami untuk menargetkan peningkatan kapasitas hingga 5,000 tes dan memperluas program rapid test gratis ini ke total 13 kota, termasuk Bandung, Bekasi, dan Bogor,” jelas Danu Wicaksana, Managing Director Good Doctor Technology Indonesia.

“Program tetap berfokus pada tenaga kesehatan di garda terdepan dan juga mitra pengemudi Grab sebagai dua kelompok yang paling membutuhkan fasilitas ini. Semoga usaha ini bisa membantu percepatan penanganan Covid-19 di negara kita tercinta,” tambahnya.

Sejalan pula dengan misi GrabForGood untuk membawa dampak positif dari teknologi, Grab Indonesia mendukung arahan pemerintah untuk mempercepat rapid test secara nasional. Grab memahami bahwa para mitra telah beroperasi untuk mendukung mobilitas penduduk di berbagai daerah. Hal tersebutlah yang diperlukan sebagai bagian dari kesiapan Grab Indonesia untuk melindungi kesehatan dan keselamatan mereka dan masyarakat yang mereka layani.

“Tenaga kesehatan kita pun masih terus bekerja keras di garis depan untuk memberikan layanan terbaik bagi pasien. Selama masa sulit ini, penting untuk mengandalkan bantuan dari semua pihak, dan dengan mendukung satu sama lain, kami percaya bahwa kita dapat memerangi pandemi ini bersama,” terang Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia.

Good Doctor telah melakukan berbagai inisiatif dan layanan  skrining risiko infeksi Covid-19 melalui telekonsultasi dengan mitra dokter yang siaga 24/7 maupun skrining mandiri dalam aplikasi, serta menyebarkan konten edukasi pandemi Covid-19 di aplikasi GrabHealth powered by Good Doctor maupun di media sosial.

Sejak pandemi Covid-19 mulai menyerang seluruh dunia pada Februari silam hingga sekarang, GrabHealth powered by Good Doctor telah meningkatkan kapasitas pelayanan hingga 4 kali demi memenuhi  permintaan publik yang meningkat drastis. Selama bulan Maret sendiri, konsultasi seputar Covid-19 di aplikasi mengalami peningkatan sebanyak 16 kali lipat dibandingkan bulan sebelumnya.

Saat ini, Good Doctor dan GrabHealth tengah meningkatkan upaya pelayanannya dengan memberikan rapid test gratis untuk mitra pengemudi dan tenaga kesehatan. Kedepannya, Good Doctor akan terus bekerja erat dengan lembaga pemerintah maupun pihak terkait lainnya, untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

Seluruh kegiatan ini adalah bagian dari inisiatif #BaikBersama yang merupakan wujud upaya Good Doctor untuk bersama memerangi Covid-19, karena Good Doctor meyakini pandemi ini bisa dilawan dengan sinergi dari berbagai pihak, baik pemerintah, swasta, pun masyarakat.

- Advertisement -
- Advertisement -

Kuliner Bandung #DirumahAja

Keiko Food: Tetap Bisa Menikmati Suki Dimana Saja

KULINER, infobdg.com - Setelah sekian lama mimin nggak makan yang berkuah, gurih, dan juga pedas, akhirnya sekarang kesampaian juga. Mimin kemarin habis coba menu suki...

Troistan: Stok Dessert Kekinian Walau #DiRumahAja

KULINER, infobdg.com - Ingin dessert kekinian yang bisa disimpan di lemari es dan bisa dimakan kapan aja? Troistan ini cocok banget buat stok dessert-nya...

Bacikom: Nikmati Baso Aci Instan Saat #DiRumahAja

KULINER, infobdg.com - Wargi Bandung lagi kangen jajan baso aci nggak nih? Mimin mau kasih tahu baso aci instan yang bisa Wargi Bandung nikmati...