- Advertisement -

Dukung UMKM Halal Menuju Pasar Global, Campaign.com dan Xendit Edukasi Pengusaha Lewat Webinar

Berita Lainnya

ARTIKEL, infobdg.com – Bulan Ramadhan menjadi bulan yang membawa berkah, utamanya bagi mereka para pegiat UMKM halal, atau yang akrab disapa “halalpreneurs”.

Selama Ramadhan, banyak peluang datang seiring dengan tingginya permintaan pasar atas kebutuhan selama bulan puasa hingga lebaran. Tantangan adalah, bagaimana mempertahankan dan meningkatkan performa bisnis ini saat Ramadan usai.

Maka untuk membantu para halalpreneurs agar bisa terus memaksimalkan potensinya tak hanya di bulan Ramadan, Campaign.com bersama Xendit berkolaborasi lewat serangkaian program #BuatBermakna.

Program #BuatBermakna telah berlangsung sejak penghujung April 2022 lalu, diawali dengan webinar bertajuk “Bisnis Halal di Era Digital: Peluang dan Tantangan” yang dihadiri oleh puluhan halalpreneurs.

Pada webinar ini, hadir Fahmi Hendrawan, CEO sekaligus pendiri Fatih Indonesia, sebuah brand busana muslim yang sudah cukup punya nama sebagai salah satu pembicara.

Pada sesinya, Fahmi memaparkan beberapa poin penting seputar pengembangan bisnis halal yang bisa dijadikan pelajaran oleh para peserta webinar. Salah satunya ialah soal tantangan yang dihadapinya dan cara-cara jitunya mengatasi tantangan tersebut.

“Ramadan memang sudah seperti hajatan buat bisnis-bisnis halal, begitu pun dengan Fatih Indonesia. Pastinya cukup menantang untuk mempertahankan kondisi seperti ini. Ada beberapa cara untuk bisa terus berkembang sebagai bisnis halal, salah satunya adalah diversifikasi produk atau strategi marketing,” bebernya, dalam keterangan pers yang diterima InfoBDG, Kamis (12/5).

Fahmi menyontohkan, di bulan Ramadhan ini pihaknya fokus pada penjualan baju koko, dan di bulan-bulan lainnya juga tetap berjualan baju koko dengn cara pemasarannya beda.

“Kami yakinkan pembeli bahwa baju-baju produk Fatih cocok untuk dipakai di berbagai occasion. Lalu kami juga mengeluarkan produk daily wear di luar bulan Ramadan. Intinya perlu banyak akal dalam berstrategi agar sebuah bisnis terutama UMKM bisa berkelanjutan,” papar Fahmi.

Paparan Fahmi juga menegaskan pentingnya dukungan berlanjut bagi para halalpreneurs, terutama mereka yang masih merintis agar bisnisnya dapat terus berkembang. Hal ini melandasi program #BuatBermakna untuk menggelar webinar-webinar edukatif lainnya.

Webinar terdekat akan dilaksanakan pada Jumat, 13 Mei 2022 pukul 15.00-17.00 WIB melalui platform Zoom dengan tema “Potensi Industri Halal dan Peluang Pendanaan” yang akan membahas potret industri halal di Indonesia dan bagaimana pertumbuhan industri ini mampu berkontribusi positif terhadap perekonomian Indonesia.

Dalam kesempatan ini, akan dibahas pentingnya bagi halalpreneurs untuk bisa mendapatkan pendanaan bagi keberlangsungan bisnis mereka dan bagaimana caranya untuk mendapatkan pendanaan tersebut.

Muri Handayani, CEO Sekolah Bisnis Online (SBO) bersama Muhammad Triarso, CFP, WMI, Head Of Funding ALAMI akan hadir sebagai pembicara di webinar ini.

Webinar selanjutnya akan dilaksanakan pada Selasa, 17 Mei 2022 pada jam dan platform yang sama dengan tema “Sertifikasi Halal: Cara Jitu Menaikkan Daya Saing Produk Halal”.

Dalam webinar ini, peserta diberi kesempatan menyimak pemaparan materi terkait seberapa pentingnya bagi pemilik usaha untuk memiliki sertifikasi halal terhadap produknya demi pertumbuhan bisnis yang lebih baik dan juga terpercaya di mata konsumen serta mampu bersaing dengan produk asing.

Pada webinar ini akan hadir pembicara Dr. H. Mastuki, M.Ag, Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal BPJPH Kementerian Agama dan Pelaksana Tugas Kepala BPJPH Kementerian Agama serta Dian Widayanti, seorang halal food influencer sekaligus pemilik salah satu bisnis katering halal Eatever Indonesia.

Untuk mengikuti kedua webinar ini, Wargi Bandung pelaku UMKM halal cukup mendaftarkan diri lewat bit.ly/buatbermakna.

Sherly Wijayanti, Inbound Sales Coordinator Xendit menyatakan bahwa pihaknya berkomitmen dalam mendukung pelaku bisnis.

“Kami melihat potensi yang sangat besar dari industri halal, bukan hanya di Indonesia tapi juga di dunia. Seperti yang kita tahu, salah satu kunci dalam meningkatkan kualitas dan daya saing bisnis adalah melalui digitalisasi,” tukasnya.

“Karena itu Xendit berupaya untuk menjangkau pelaku bisnis seluas-luasnya, agar kami dapat membantu mereka dalam mendigitalisasi bisnis serta menyediakan solusi pembayaran, termasuk melalui kerja sama dengan Campaign.com ini,” lanjut dia.

Senada dengan Sherly, Laras Sabila selaku Communications Manager Campaign.com menyatakan bahwa kolaborasi ini diharapkan dapat membawa manfaat untuk para pegiat UMKM halal.

“Campaign.com selalu mendukung inisiatif-inisiatif baik dan ini bukan kali pertama kami berkolaborasi bersama Xendit. Oleh karena itu kami harap, seperti dalam kolaborasi-kolaborasi sebelumnya, akan tercipta dampak positif yang bisa dirasakan langsung oleh para pelaku UMKM Indonesia agar dapat semakin berkembang, berkontribusi membangun perekonomian negeri, dan mampu bersaing di pasar global,” tutup Laras.***

714,036FollowersFollow
2,564,459FollowersFollow
43,650SubscribersSubscribe
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img