- Advertisement -

Jabar Coding Camp Siap Dilaksanakan, Latih Generasi Muda Jadi Programmer

Berita Lainnya

BANDUNG, infobdg.com – Sebagai upaya melahirkan generasi muda yang kompeten dalam bidang pemograman, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat memberikan beasiswa pelatihan coding bagi masyarakat prasejahtera dan yatim piatu.

- Advertisement -

Ilustrasi

Beasiswa pelatihan bagi muda-mudi terpilih yang bertajuk “Candradimuka Jabar Coding Camp” itu dibuka langsung oleh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, pada Senin (23/8), dan diikuti oleh ratusan peserta pelatihan secara daring.

Dikatakan Tarlani, selaku Ketua Panitia Jabar Coding Camp, dari 11.209 pendaftar, hanya 1.600 orang terpilih yang lolos dan dibagi ke dalam 2 Batch pelatihan.

“Kegiatan ini untuk menghadirkan programmer kompeten sesuai dengan visi Jabar Digital Province,” beber Tarlani.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil pun mengapresiasi dan memberikan selamat kepada muda-mudi yang lulus menajdi peserta Jabar Coding Camp. Menurutnya, mereka adalah orang-orang terpilih di zaman disrupsi 4.0 ini.

“Disrupsi adalah sebuah serangan yang tidak diduga dan mempengaruhi pola pikir dan masa depan. Adik-adik yang terpilih disini adalah mereka mau beradaptasi menyesuaikan diri terhadap disrupsi 4.0,” puji Emil, kepada para peserta dalam sambutannya via virtual, Senin (23-8).

Emil mengatakan, di zaman sekarang, segala macam mesin yang biasanya diatur oleh tenaga manusia kini bisa dikendalikan secara jarak jauh melalui teknologi. Teknologi ini nantinya akan menggantikan peran motorik manusia.

Hal inilah yang membuat profesi programmer sangat dibutuhkan. Melalui Jabar Coding Camp, Emil, sapaan akrab Gubernur Jabar itu berharap bisa menyerap potensi skill coding untuk nantinya disalurkan ke pasar yang terus berkembang.

“Jabar Coding Camp merupakan upaya Pemprov untuk mencari lulusan yang siap diserap potensi pasar. Jangan lagi punya pola pikir mau kaya harus ke kota, itu pemikiran jadul. Pemikiran progresif adalah tinggal di desa, rejeki kota, skill mendunia,” beber Emil.

Emil berharap, para lulusan Jabar Coding Camp nantinya akan bisa membuat program yang bisa mempermudah urusan hidup.

“Seperti mengecek hujan, ngecek stok makanan, data ekonomi, digital konten kreator, itu tugas anak-anak muda generasi Z, saya sebagai Gubernur tugasnya hanya memudahkan adik-adik, berada di tempat yang cocok,” tukasnya lagi.

Pelatihan Jabar Coding Camp akan berlangsung per 25 Agustus 2021.

“Nanti akan diberikan pelatihan untuk mempersiapkan para lulusan terpilih ini menuju dunia kerja yang profesional,” tutup Emil.*

- Advertisement -
712,916FollowersFollow
2,523,401FollowersFollow
41,450SubscribersSubscribe
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
- Advertisement -
- Advertisement -