Peringati Sumpah Pemuda, Dispora Gerakkan Pemuda Bandung Bebersih Masjid dan Pesantren

Berita Lainnya

MASATA Dorong Desa Wisata Jadi Sentra Tumbuhnya Pendapatan Baru di Indoensia

BANDUNG, infobdg.com - Mendukung pariwisata Indonesia yang berkelanjutan, Masyarakat Sadar Wisata (MASATA) menyelenggarakan focus group discussion (FGD) bertema "Pengembangan Desa Wisata Menuju 205 Desa...

Lembaga Pendidikan Bahasa Asing Polyglota Hadir Di Bandung

BANDUNG, Infobdg.com - Sekarang, memiliki kemampuan berbahasa asing sangat diperlukan. Selain menambah skill, fasih berbahasa asing pun bisa membuka peluang bisnis atau peluang-peluang lainnya....

Cegah Penyebaran Covid-19, Oded Keluarkan Inwal Penegakan Protokol Kesehatan

BANDUNG, infobdg.com - Sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Bandung, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengeluarkan Instruksi Wali Kota No 007 tahun...

Perketat Penanganan, Satgas Covid-19 Kota Bandung Bentuk 12 Tim Khusus

BANDUNG, infobdg.com - Untuk meminimalisir terjadinya penambahan covid-19 di Kota Bandung, Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung membentuk dua belas tim khusus. Dibentuknya tim...

BANDUNG, Infobdg.com – Jelang peringatan ke-92 Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2020 ini, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung akan melaksanakan gerakan bersih-bersih masjid dan pesantren.

Kepala Bidang Pembinaan Pemuda Dispora Kota Bandung, Dadang Setiawan, saat ditemui usai acara Bandung Menjawab, Selasa (27/10).

Dilaporkan Kepala Bidang Pembinaan Pemuda Dispora Kota Bandung, Dadang Setiawan, bahwa peringatan Sumpah Pemuda di tahun ini lebih diarahkan untuk menguatkan soliditas di tengah masyarakat menghadapi pandemi Covid-19.

“Sesuai dengan tema 92 tahun Sumpah Pemuda yaitu bersatu dan bangkit, kita akan melaksanakan bersih-bersih masjid. Sesuai dengan angka tahun peringatannya, ada 9 masjid dan 2 pesantren yang menjadi target gerakan pemuda,” ucap Dadang, di Balai Kota Bandung, Selasa (27/10).

Dadang menambahkan, pemilihan masjid sebagai tujuan bersih-bersih ini pun dilakukan sebab dekat dengan perayaan Maulid Nabi Muhammad yang jatuh pada Rabu (29/10).

Menurut Dadang, hingga saat ini sudah terkonfirmasi masjid dan pesantren yang akan menjadi tujuan gerakan bersih-bersih, yakni di wilayah Kecamatan Regol, Arcamanik, Ujungberung dan Kecamatan Cibiru. Selebihnya, masih diinventarisir di sejumlah daerah dengan sejumlah kriteria tertentu.

“Salah satu alasannya, pada 29 Oktober itu peringatan Maulid Nabi. Jadi begitu akan digunakan sudah siap. Jadi yang kami lihat memang salah satunya yang tingkat ibadahnya tinggi, dipakai banyak aktifitas keagamaan,” ujar dia.

Meski begitu, Dadang tidak menutup kemungkinan apabila gerakan bersih-bersih di momentum peringatan Sumpah Pemuda ini akan bergerak ke rumah ibadah umat lainnya. Sebab, pihaknya mengimbau kepada seluruh elemen pemuda di Kota Bandung untuk menggelar acara serupa di level kewilayahan.

“Bagi yang mau bergabung untuk hari H nanti tinggal berkomunikasi dengan kami. Kita juga mengajak semua elemen pemuda di Kota Bandung untuk melaksanakan kegiatan serupa di wilayahnya masing-masing,” imbuhnya.

Dadang memprediksi, sekitar 500 orang bakal berpartisipasi dalam gerakan bersih-bersih pada 28 oktober 2020 ini. Mereka terdiri dari sejumlah organisasi kepemudaan baik yang berbasis hobi, sosial, maupun keagamaan.

“Gerakan ini penting untuk membangkitkan kepedulian pemuda terhadap lingkungan sekitarnya. Apalagi di saat pandemi covid-19 ini harus bersatu bersama-sama masyarakat untuk bangkit,” tegas dia.

- Advertisement -

Kuliner Bandung

Santap Kuliner Angkringan ala Malioboro All U Can Eat di Mercure Bandung City Centre

KULINER, infobdg.com - Ada yang baru lagi nih di Mercure Bandung City Centre! Setelah sukses dengan angkringan Kardiman, Mercure Bandung City Centre kini kembali...

Sensasi Baru Santap Kuliner Khas Jepang di Urban Ninja Japanese Fusion

KULINER, infobdg.com - Wargi Bandung pecinta masakan Jepang? Berarti wajib banget cobain kuliner di resto baru berkonsep Jepang yang satu ini! Adalah Urban Ninja,...

Non Kitchen & Coffee Hadir Kembali, Cafe Cozy Buat Para Milenial Bandung

KULINER, infobdg.com - Masih ingat dengan Non Kitchen & Coffee? Yup! Cafe cozy buat para milenial di daerah Simpang Lima, Ahmad Yani, Bandung ini...