Berwisata di Gunung Putri Lembang

3
4601

BANDUNG, infobdg.com – Gunung Putri adalah salah satu gunung di Bandung yang berlokasi di Lembang. Kalau Wargi Bandung adalah orang yang cukup sibuk dan gak punya banyak waktu buat pergi tapi mau ke gunung? Gunung Putri adalah pilihan yang paling pas. Gunung ini mudah dijangkau apalagi bagi yang tinggal sekitar Bandung. Akses jalan dari Bandung menuju Lembang, kemudian terus ke arah Tangkuban Parahu. Setelah menemui hotel Grand Paradise, terdapat jalan kecil ke arah kiri.

CIMG2462

Wargi Bandung kemudian akan ada tanjakan-tanjakan aspal. Rumah-rumah penduduk yang sederhana, perkebunan dan beberapa peternakan ketika diawal perjalanan. Setelah tiba di pintu masuk ke arah Gunung Putri tidak akan ada penanda selamat datang bahkan tidak ada penjaga tiket. Dari titik ini akan ada dua jalanan. Kanan dan kiri. Arah kanan ada jalanan kecil menuju perkebunan yang akan membawa ke Puncak Putri yang ditandai dengan tugu. Arah kiri Wargi Bandung akan mengikuti jalanan tanah berbatu.

b1

 

Dipuncak bukit Gunung Putri, terdapat sebuah benteng peninggalan Belanda. Sekarang kondisinya terbengkalai dan tertutupi ilalang serta tanah. Gak banyak orang yang tau tentang Benteng Belanda ini, kebanyakan orang menyebut benteng ini dengan Benteng Gunung Putri dan Benteng Jayagiri. Ukuran bentengnya lebar dan luas. Kontruksi bangunannya sangat kokoh. Bagian atas benteng tertutupi oleh timbunan tanah dan ditumbuhi ilalang serta semak belukar. Benteng ini dibangun sekitar tahun 1913-1917, pada masa Perang Dunia I.

b6

Gunung Putri selain menyimpan objek sejarah, terdapat pula sebuah legenda yang menyelimuti keberadaan bukit kecil tersebut. Bila kita pernah mendengar Legenda Sangkuriang – Dayang Sumbi, maka keberadaan Gunung Putri ada sangkut pautnya dengan sasakala tersebut. Gunung Putri dalam sasakala Sangkuriang dikisahkan sebagai tempat bersembunyinya atau larinya Dayang Sumbi saat dikejar-kejar oleh anaknya sendiri, sangkuriang, karena ngotot ingin menikahi ibunya sendiri. Selain Gunung Tangkubanparahu dan Gunung Putri ada pula Gunung yang berkaitan dengan cerita Sangkuriang tersebut seperti : Gunung Burangrang yang konon terbentuk dari rangrang/ranting pohon bekas membuat perahu dan Gunung Bukittunggul yang menurut cerita bekas tunggul pohon untuk membuat perahu oleh Sangkuriang.

Foto by:

suguh-kurniawan.blogspot.co.id

bloggopik.blogspot.co.id

 

Komentar

Total Komentar