BANDUNG, infobdg.com – Melanjutkan inisiatif #GoGreener untuk memudahkan mitranya menjalani gaya hidup ramah lingkungan, Gojek melalui layanan GoFood kembali memberikan pelatihan kepada merchant GoFood di Bandung dalam program bertajuk wirausaha (GoWir).

GoWir dilaksanakan pada Selasa (3/12), di Moxy Hotel, Dago, dengan diikuti oleh ratusan pebisnis kuliner di Bandung, dimana mereka memperoleh pelatihan tentang upaya mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dalam keseharian operasional bisnis kulinernya.

Materi pelatihan dalam GoWir kali ini disampaikan oleh mitra program #GoGreener Gojek, yaitu PlastikDetox, yang merupakan gerakan untuk membantu bisnis kecil mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

Ditemui di lokasi pelatihan, VP Corporate Affairs Food Ecosystem Gojek Rosel Lavina mengatakan, selain memberikan pemahaman dan pelatihan mengenai bisnis yang ramah lingkungan, Gojek juga kembali mengedukasi mitra tentang fitur di GoFood yang menyediakan pilihan bagi pelanggan untuk tidak memesan alat makan plastik.

“Kami memfasilitasi mitra merchant untuk menyediakan pilihan bagi pelanggan untuk tidak memesan alat makan plastik sekali pakai ketika memesan makanan dari merchant yang berpartisipasi. Di Bandung sendiri, 99% pelanggan GoFood memilih untuk tidak memesan alat makan plastik sekali pakai ketika memesan GoFood,” ujar Rosel.

Selain menjadi upaya untuk menjaga lingkungan, pelatihan Gojek Wirausaha ini pun ditujukan agar merchant mengerti dampak bisnis ramah lingkungan. Upaya pengelolaan lingkungan juga merupakan dukungan GoFood terhadap Peraturan Walikota (Perwal) Bandung Nomor 37 tahun 2019 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perda No 17 Tahun 2012.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bandung, Dr. Kamalia Purbani, mengatakan Pemerintah Kota Bandung sendiri terus mempertegas komitmennya untuk mengurangi penggunaan kantong plastik hingga 100% di tahun 2025.

“Kami mengapresiasi upaya Gojek untuk pengurangan sampah plastik ini. Ini juga program yang sejalan dengan Kang Pisman melalui pengurangan sampah di hulu sebelum menjadi sampah sebagai bentuk upaya preventif, sehingga jumlah timbulan sampah plastik dapat dikurangi,” beber Kamalia.

Pelatihan GoWir #GoGreener kali ini berfokus pada empat hal utama, mulai dari meningkatkan kesadaran para mitra merchant mengenai alasan mengapa mengurangi penggunaan plastik sekali pakai menjadi prioritas untuk kita semua, hal praktis yang bisa dilakukan untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, pentingnya menghindari “greenwashing” (jenis produk plastik yang dikatakan ramah lingkungan tapi belum tentu begitu), dan keuntungan keuangan yang bisa dinikmati merchant ketika mereka mengurangi penggunaan jenis produk plastik tertentu.

Komentar

Total Komentar