Masjid-Masjid Unik di Bandung Raya

236

BANDUNG, infobdg.com – Buat Wargi Bandung yang lagi cari-cari tempat buat ngabuburit, ada banyak masjid unik di Bandung nih. Selain masjidnya yang unik, masyarakat juga biasanya datang untuk memahami sejarah masjid unik tersebut.

Masjid Raya Bandung

Kini masjid ini menjadi salah satu ikon kota kembang. Terletak di pusat kota, membuat masjid ini sangat banyak dikunjungi. Masjid Raya Bandung ini telah mengalami renovasi sebanyak 14 kali sejak tahun 1810. Kapasitas masjid ini bisa menampung 14.000 jamaah, memiliki dua buah menara setinggi 81 m disebelah kiri dan kanan masjid. Selagi berfungsi sebagai masjid, didepannya dibangun sebuah taman sintetis yang merupakan alun-alun Bandung.

CCHVXhWVIAAxgb0

Alamat : Jalan Asia Afrika, Kota Bandung

Masjid Al-Irsyad

Masjid dengan bentuk yang unik seperti kubus, banyak menggiring wisatawan untuk datang ke sini. Dengan bahan baku yang minimalis membuat kesan sederhana masjid ini. Masjid Al-Irsyad yang dibangun tahun 2009 dan diresmikan tahun 2010 ini, mendapat banyak penghargaan karena desain bangunannya. Lampu di sini bergaya minimalis, ada sebanyak 99 lampu yang mengadung nama-nama Allah. Masjid ini bisa menampung 1.500 jamaah dan menjadi ikon Kota Baru Parahyangan.

masjid-al-irsyad-01

Alamat : Jalan Parahyangan Km 2.7, Padalarang

Masjid Besar Cipaganti

Sejarah yang menghantarkan masjid ini popular dan unik. Dibangun pada tahun 1933, masjid ini sempat menjadi tempat Presiden Sukarno melakukan perbincangan penting saat berada di Bandung. Pada dahulu imam di masjid ini tidak bisa sembarang orang, melainkan harus sesuai dengan kriteria pemerintah kolonial. Masjid ini cocok buat Wargi Bandung yang ingin lebih mengetahui sejarah di Bandung.

Cipaganti-4-1024x682

Alamat : Jalan Raden AA Wiranatakusumah, Cipaganti no. 85, Kota Bandung

Masjid Al-Imtizaj

Salah satu masjid bernuansa China di Bandung yang memiliki keunikan tersendiri. Sebagai masjid bernuansa China pasti Wargi Bandung sekilas menyangka bangunan ini merupakan kuil atau klenteng. Dengan desain dekorasi aksara-aksara China dan lampion memberikan atmosfer tiongkok di Masjid ini. Masjid Al-Imtizaj ini bisa menampung 200 jamaah.

IMG_2839

Alamat: Jalan ABC, Braga, Bandung

Masjid Lautze

Tidak jauh berbeda dengan masjid Al-Imtizaj, masjid Lautze juga memiliki nuansa China. Masjid ini dibangun pada tahun 1997. Masjid ini berdiri dengan desain yang unik, dengan ukuran ruangan 7×6 meter. Di sini juga ada banyak kegiatan seperti buka puasa, sholat terawih bahkan ada sahur bersama.

1273_kratonpedia

Alamat : Jalan Tamblong no. 27, Bandung

Masjid Al-Baakhirah

Terletak di Kota Cimahi tidak membuat masjid ini sepi. Masjid ini diresmikan tahun 2016, dengan proses pembangunan sekitar 8 bulan. Uniknya masjid ini berbentuk sebuah kapal laut, bila Wargi Bandung lihat dari luar jelas sekali bahwa bangunan masjid ini seperti kapal. Dari arah depan tampak jelas sebuah cerobong serta jangkar yang diikat dengan tali besar. (Diki Setiawan)

160607210251-masjid-al-baakhirah-cimahi

Alamat : Jalan Bapak Ampi, Kota Cimahi

Foto : www.galamedianews.com | www.kratonpedia.com | www.dailymoslem.com

Komentar

Total Komentar