Pekan Seni dan Kreatifitas

17

 info bdg 2
Yayasan Bhakti Anak Negeri

Proudly Present

‘Pekan Seni dan Kreatifitas
(Anak Jalanan, Mantan Napi & Mantan Pecandu Narkoba)

Generasi muda adalah elemen masyarakat yang menentukan kemajuan bangsa dan negara di masa yang akan datang, tidak terkecuali bagi anak-anak jalanan, anak terlantar, anak mantan narapidana dan anak mantan pecandu narkoba. yang seringkali menjadi korban dari kekerasan verbal dan budaya sebagai akibat dari melekatnya stigma negatif masyarakat terhadap mereka. Oleh karenanya, tidak sedikit diantara mereka yang di manfaatkan oleh segelintir orang untuk mengeruk rupiah dengan mengekslpoitasi mereka menjadi seorang pengemis, pengamen, bahkan sampai menjadi seorang pelaku kejahatan.

Terkait itu, sebuah gagasan lahir dari seorang mantan narapidana yang notabene mantan seorang anak jalanan, untuk memberdayakan mereka melalui sebuah lembaga yang didirikan setelah Ia selesai menjalani masa hukuman.

Adalah YAYASAN BHAKTI ANAK NEGERI sebagai lembaga permberdayaan anak jalanan, anak terlantar, anak mantan narapidana dan anak mantan pecandu narkoba merasa perlu untuk menyelenggarakan PEKAN SENI DAN KREATIFITAS  sebagai bentuk apresiasi  untuk membangun kepercayaan diri mereka agar mampu menunjukkan eksistensi positif sekaligus sebagai tempat bagi mereka untuk mengaplikasikan kemampuan, hobby dan bakatnya agar mereka mampu menjadi bagian dari generasi yang dimaksud dalam alinea pertama.

PEKAN SENI DAN KREATIFITAS anak jalanan, anak terlantar, anak mantan narapidana dan anak mantan pecandu narkoba akan diselenggarakan pada tanggal 1 s/d 12Desember 2013 bertempat di Bandung Timur Plaza Ujungberung Bandung dan di harapkan menjadi agenda tahunan kegiatan YAYASAN BHAKTI ANAK NEGERI.

Akhir kata, kegiatan ini diharapkan dapat menyebarkan semangat perubahan serta memberikan inspirasi positif pada seluruh lapisan masyarakat, khususnya bagi saudara-saudara kita yang memiliki keterbatasan sumber daya, baik waktu, energi, materi, maupun kesempatan agar mereka mampu berkarya dan menata hidup yang lebih baik. Melalui kegiatan ini pula, kami sekaligus berusaha untuk berpartisipasi aktif dalam membangun kesadaran masyarakat dalam hal kepedulian, kepekaan sosial, kerjasama, kegotongroyongan, serta menumbuhkan rasa persatuan.

Tema Kegiatan / Project Theme :

Dengan Iman, Ilmu, dan Amal Kita Wujudkan Generasi Penerus Bangsa Yang Produktif , Aktif, dan Kreatif.

Deskripsi Kegiatan / Activities Description (Lomba dan Piala Yang Diperebutkan) :

  • Pembukaan / Opening Ceremony
    Seremonial pembukaan PEKAN SENI DAN KREATIFITAS akan di buka oleh Wamenkumham, Prof. Denny Indrayana, S.H., LL.M., Ph.D yang merupakan salah satu Pendiri YAYASAN BHAKTI ANAK NEGERI. Acara di meriahkan oleh pagelaran seni budaya dari lingkung seni anak jalanan seluruh Jawa Barat.
  • Pameran Karya Tangan Anak Jalanan, Mantan Narapidana dan Mantan Pecandu Narkoba
    Kegiatan ini menampilkan hasil karya tangan ( Handy Craft) Anak Jalanan, Mantan Narapidana, Mantan Pecandu Narkoba dan narapidana untuk dipublikasikan pada khalayak / masyarakat selama selama kegiatan berlangsung.
  • Lomba penyanyi solo dan guitar akustik (Memperebutkan Piala Wakil Menteri Hukum dan HAM RI)
    Ajang penyaluran hobby dan bakat seni musik bagi anak – anak jalanan, mantan napi dan pecandu narkoba dengan memperebutkan dua piala  bergilir.
  • Lomba Seni Tari Anak  Solo / Group  (Memperebutkan Piala Wali Kota Bandung)
    Menampilkan tari – tarian tradisonal, khususnya Jawa Barat yang diikuti oleh anak-anak.
  • Lomba Karaoke (Memperebutkan Piala KAPOLDA Jawa Barat dan Bpk. Haru Suhandaru/Anggota DPRD Kota Bandung)
    Ajang kompetisi bakat olah vokal individu dengan peserta kalangan umum dan pelajar.
  • Lomba Musik Grup / Music Group Performance ; Band, Nasyid, Vocal Group, Acapella (Memperebutkan Piala Direktur Pasca Rehabilitasi BNN)
    Menampilkan musik secara group  dengan peserta kriteria untuk umum.
  • Lomba Tata Rias Wajah (Memperebutkan Piala dari Mayjen TNI. H. Asril Hamzah Tanjung, S.IP)
    Ajang penyaluran bakat tata rias wajah dengan kriteria umum.
  • Forum disccusion Pasca Rehabillitasi Narkoba dan Pemberdayaan Mantan Napi

    Sebuah Forum yang mensosialisasikan bahaya narkoba serta memberikan semnagat berkarya, bekerja dan berkreasi bagi mantan Napi dan Mantan Pecandu Narkoba agar mampu menjadi masyarakat yang produktif dengan pembicara :

    • Dir. Pasca Rehabilitasi Narkoba; Drs. Suyono, MM, MBA
    • Dewan Pendiri YBAN; Mayjen TNI (Purn) H. Asril Hamzah Tanjung, S.IP
    • Dewan Pembina; Irjen Pol. Tubagus Anis Angkawijaya, M.Si
    • Mantan Narapidana Sukses;
    • Penulis Novel Mantan Narapidana; Muhammad Ijudin Rahmat

    Peserta :

    • Rumah Singgah Pasca Rehabilitasi Narkoba BNNP Jawa Barat
    • Ketua Kelompok Anak Jalanan kota/kabupaten se – Jawa Barat
    • Mantan Narapidana Lapas Se Kanwil Jawa Barat
    • Umum
  • Pergelaran  Seni Teater Dengan Judul Ketika Cinta Jatuh Cinta
    Sebuah pertunjukan seni teater yang di ikuti oleh anak jalanan dengan menampilkan drama teatrikal dari cerita novel ketika cinta jatuh cinta sekaigus final dan penyerahan piala pemenang denga bintang tamu Charly Setia Band disiarkan secara langsung di stasiun TV lokal Jawa Barat.
  • Bhakti Sosial Anak Jalanan, mantan napi dan pecandu narkoba
    Sebagai bukti komitmen anak jalanan untuk membangun lingkungan dalam bentuk penyebaran 1.000 buah tong sampah yang disebar ke seluruh wilayah di kota Bandung. Peletakkan pertama akan dilakukan oleh Anggota DPRD beserta Pejabat Pemkot Bandung.
  • Pengundian Door Prize 15 Paket Umrah Gratis
    Acara pembagian Door Prize dipersembahkan oleh Manajemen Bandung Timur Plaza kepada para pengunjung dengan syarat dan ketentuan berlaku. Door Prize diundi bersamaan dengan pelaksanan Grand Final All Event dan penutupan.

* Hadiah untuk peserta lomba, belum termasuk uang tunai senilai total puluhan juta Rupiah

Maksud dan Tujuan / Goals & Objectives :

  1. Membangun kepercayaan diri anak jalanan, mantan napi dan mantan   pecandu narkoba agar mampu berkopetisi di masyarakat
  2. Mengembangkan hobby, bakat dan kreatifitas anak jalanan, mantan napi dan mantan pecandu narkoba agar mampu berkopetisi di masyarakat
  3. Merubah pemikiran anak jalanan, mantan napi dan mantan pecandu narkoba agar menjadi lebih positif
  4. Membentuk anak jalanan, mantan napi dan mantan pecandu narkoba agar menjadi generasi yang produktif, aktif dan kreatif
  5. Memberikan kesadaraan kepada masyarakat umum bahwa anak jalanan, mantan napi dan mantan pecandu narkoba merupakan bagian dari masyarakat yang perlu berdayakan agar mampu bersama – sama membangun bangsa dan negara
  6. Mengurangi tingkat kejahatan dan kenakalan jalanan dengan menyalurkan aksi dan kreatifitas anak jalanan, mantan napi dan mantan pecandu narkoba kepada hal yang lebih positif
  7. Mencegah mantan narapidana dan mantan pecandu narkoba untuk kembali melakukan kejahtan dan penyaahgunaan narkoba
  8. Dan sebagai acara tahunan hiburan rakyat

Waktu Dan Tempat Kegiatan / Venue :
1 s/d 12 Desember 2013
Bandung Timur Plaza (Jl. AH. Nasution No. 46 Bandung)

Agenda Acara / Event Agenda :

  1. Pendaftaran : 1 Oktober 2013– 10 November 2013
  2. Babak Penyisihan : 15 Oktober 2013 – 30 November 2013
  3. Opening : 1 Desember 2013 – 12 Desember 2013

Contact Person :
081220195514 ( Irfan Rahfiansah )
081910043211 ( Dian )
29FE8B3E (BB)

More Information :
Twitter : @YBhaktinegeri

Fully Supported by Infobdg

Komentar

Total Komentar