Twitter Pengaruhi Minat Beli Masyarakat Bandung

1
Twitter-shopping
ilustrasi: swiftpilot.com

BANDUNG – infobdg.com, Hasil penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa sosial media khususnya Twitter telah menjadi salah satu media yang mempengaruhi niat beli masyarakat Kota Bandung.

Penelitian ini dilakukan oleh Athira Setira Adil, Mahasiswa IM-Telkom Bandung yang mengambil tema pemanfaatan twitter sebagai bentuk pemasaran. @infobdg sebagai objek penelitian karena merupakan akun twitter yang mempunyai followers atau pengikut terbanyak di Kota Bandung dan seringkali digunakan oleh UKM, perusahaan lokal maupun nasional untuk menawarkan produk mereka di twitter.

Hasil penelitian menunjukan respon positif, mayoritas tingkatan dari followers pada penelitian ini pada usia 17-20 tahun dengan pendidikan SMA atau sederajat dan S1, serta dengan penghasilan kurang dari tiga juta rupiah.

Penggunaan materi teks yang eye cathingjuga sangat mempengaruhi pada niat beli followers. Selain itu penyertaan Gambar produk, Link short URL dan Hastags/keywords juga membantu memudahkan followers dalam mencari produk perusahaan.

Dilihat dari lamanya menjadi followers, pada penelitian ini juga disebutkan bahwa hubungan tersebut terjalin erat karena @infobdg mempunyai konten yang informatif dan iklan yang ditayangkan menarik perhatian sehingga memenuhi komponen tweet yang efektif.

 

Setira Adil, Athira. (2013). Pengaruh Tweet Iklan Melalui Akun Twitter @infobdg Terhadap Minat Beli     Masyarakat Kota Bandung Tahun 2012. Bandung, Indonesia.

Komentar

Total Komentar