Yuk Membaca di Perpustakaan Bandung

0
4104

BANDUNG, infobdg.com – Buku adalah jendela dunia, ungkapan ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat pada umumnya. Kunci untuk membukanya yaitu dengan membaca. Tau nggak sih,  selain melatih otak dan menambah pengetahuan, faktanya membaca juga dapat menjauhkan kita dari resiko penyakit Alzheimer.

Maka dari itu, ketahuilah dunia dengan membaca. Wargi Bandung yang hobi membaca dan para pemburu buku, ada beberapa rekomendasi dari tim Infobdg, perpustakaan yang enak dan nyaman untuk membaca. Berikut daftarnya :

Perpustakaan Ajip Rosidi

Siapa yang tau Ajip Rosidi? Ajip rosidi adalah salah seorang budayawan sekaligus sastrawan Indonesia asal Majalengka, Jawa barat. Ajip Rosidi yang merupakan tokoh yang peduli tentang kesundaan mendirikan perpustakaan yang diresmikan pada tahun 2015. Perpustakaan ini menyimpan buku yang berisi tentang kebudayaan, atau literatur sunda. Judulnya mulai dari yang sunda banget, sampai yang bahasa belanda dan jepang juga ada loh. Nah cocok banget untuk Wargi Bandung yang nyari buku tentang kebudayaan sunda. Perpustakaan ini juga punya koleksi puluhan ribu judul buku, banyak banget kan. Wargi Bandung yang hobi baca bisa puas-puasin baca di perpustakaan ini. Lokasinya ada di Jalan Garut nomor 2.

Selasa – Kamis pukul 08.00 – 15.30
Jumat pukul 08.00 – 16.00
Sabtu – Minggu 08.00 – 11.30

Microlibrary

Perpustakaan yang satu ini tidak hanya menarik perhatian Wargi Bandung, tetapi juga sangat menarik perhatian dunia. Karena microlibrary ini berhasil meraih award untuk kategori arsitektur & komunitas. Dengan desain bangunan unik, yang terbuat dari 2000 limbah ember eskrim, perusahaan SHAU Architecture & Urbanism berhasil menyulap perpustakaan yang menarik, dan nyaman untuk pengunjungnya. Meskipun kecil, koleksi buku di perpustakaan keren ini juga cukup banyak, mulai dari buku cerita anak, buku-buku agama, kesehatan, politik, sosial, ekonomi, sampai buku resep memasak dan majalah-majalah berbagai orientasi usia. Ada ruang terbuka di bawah perpustakaan ini, biasanya area terbuka digunakan untuk berbagai macam kegiatan masyarakat setempat, seperti pertunjukan kesenian, bioskop rakyat dan program kegiatan seperti story telling dan english club.

Setiap Hari pukul 08.00 – 16.00

Perpustakaan Daerah

Perpustakaan daerah yang kini bertempat di Jl. Seram No.2 ini recommended banget buat Wargi Bandung. Karena PERPUSDA ini punya banyak fasilitas yang memadai membuat pengunjung semakin betah berada di perpustakaan ini. Jika Wargi Bandung ingin menjadi anggota perpusda, cukup menyediakan foto kopi KTP beserta foto 2×3 sebanyak 4 buah, dan mengisi identitas secara mandiri dengan perangkat komputer yang tersedia. Untuk anak, bisa diwakilkan oleh KTP atas nama orangtuanya.

Senin – Sabtu pukul 08.00 – 15.30
Twitter : @dispusipkotabdg
www.dispusip.bandung.go.id

 

Bale Pustaka

Perpustakaan ini terletak di Jl. Jawa No.6, belakang Gereja Katedral Bandung. perpustakaan ini juga memiliki banyak koleksi buku, mulai dari sastra, novel, buku anak, hingga pengetahuan umum. Tempatnya  juga nyaman, perpustakaan ini terletak di lantai 2. Tidak hanya buku, perpustakaan ini juga mengkoleksi berbagai genre film. Jika wargi bandung ingin sewa buku atau film, wargi bandung harus terdaftar dulu menjadi anggota perpustakaan.

Senin-Jumat 09.00 – 16.00
Sabtu 08.00 – 12.00

Perpustakaan Gedung Merdeka

Perpustakaan ini terletak di belakang gedung Asia-Afrika. Wargi Bandung bisa masuk melalui pintu samping museum yang ada di Jl. Braga, dekat Majestic. Perpustakaan ini memiliki koleksi buku tentang sejarah, sosial, politik, budaya, dan masih banyak lagi. Jika Wargi Bandung ingin tahu sejarah Konferensi Asia-Afrika, Wargi Bandung bisa melihat dokumen-dokumen mengenai konferensi Asia-Afrika. Fasilitas wifi juga tersedia di sini, buat Wargi Bandung yang ingin membaca atau ngerjain tugas di tempat yang nyaman dan tenang, perpustakaan ini bisa jadi rekomendasi.

Senin – Jumat Pukul 08.00 – 16.00

Perpustakaan Gasibu

Selain sarana olahraga, di Lapang Gasibu juga terdapat fasilitas perpustakaan yang dibuka untuk umum. Pengelolaan perpustakaan ini langsung di bawah Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat yang berkantor di Jalan Kawaluyaan, Soekarno Hatta.

Senin – Jumat pukul 09.00-19.00.
Sabtu pukul 09.00-16.00
Minggu pukul 06.00-12.00

Perpustakaan ITB

Perpustakaan milik ITB ini terbuka juga untuk umum. Untuk menjadi anggotanya cukup membayar iuran 10 ribu pertahunnya. Di sini juga tersedia fasilitas wifi dan puluhan komputer untuk para pengunjungnya. Buku-buku yang bisa dipinjam oleh masyarakat umum itu antara lain, 50 ribu koleksi mantan Rektor ITB Doddy Tisna Amijaya yang disimpan di lantai empat. Meskipun begitu, masyarakat umum bisa membaca koleksi-koleksi milik ITB di tempat.

Senin – Jumat pukul 08.00 – 21.00
Sabtu pukul 09.00 – 14.00

Rumah Buku Kineruku

Perpustakaan ini juga bisa dibilang tempat nongkrongnya Wargi Bandung. Tidak hanya banyak koleksi buku yang ditawarkan di perpustakaan ini, tetapi Wargi Bandung juga bisa santai membaca sambil memesan dan menikmati sejumlah menu makanan, minuman, serta cemilan. Ada dua jenis keanggotaan di Kineruku, yakni keanggotaan dengan membayar Rp 45.000 dan keanggotaan dengan membayar Rp 90.000 yang berlaku untuk seumur hidup. Rumah buku kineruku bertempat di Jalan Hegarmanah No. 52, Bandung.

Selasa – Minggu pukul 12.00 – 18.00

Pitimoss Library

Perpustakaan ini sudah memiliki dua cabang di kKota Bandung, yaitu di Jalan Banda no. 12S dan di Jalan Ir. H. Juanda no. 333 Dago, Bandung. Tidak kalah dengan perpustakaan lainnya, koleksi buku di Pitimoss Library ini juga sangat banyak. Wargi Bandung yang sangat ingin bersantai membaca, perpustakaan ini menyediakan fasilitas tempat khusus untuk lesehan dengan bantal dan karpet (di ruangan) dan yang sejuk dengan dipayungi pepohonan (di luar ruangan).

Tunggu apalagi, Wargi Bandung bisa mengisi waktu luang dengan membaca.  Budayakan literasi membaca yuk. (Inggit Resta)

Foto : mbscenter.or.id

Komentar

Total Komentar