- Advertisement -

CIGADUNG Berita Sepekan: 19/06/22

Berita Lainnya

BANDUNG, infobdg.com – Sejumlah kabar yang terjadi di Bandung akan dirangkum dalam satu halaman berita dengan tajuk CIGADUNG Berita Sepekan. Ada kabar apa dalam seminggu ke belakang? Berikut rangkumannya untuk Wargi Bandung.

Dimakamkan Hari Ini, Masyarakat dan Ratusan Pelajar Iringi Jenazah Eril Menuju Permakaman Keluarga di Cimaung

Docs Humas Jabar

Masyarakat Kota Bandung mengiringi keberangkatan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril menuju permakaman keluarga di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, pada Senin (13/6) pagi.

Jenazah diberangkatkan dari Gedung Negara, Kota Bandung, sekitar pukul 09.00 WIB tadi. Lantunan salawat dan doa membuat suasana di Gedung Pakuan lebih khidmat.

Pihak keluarga dan kerabat pun menggotong peti mati dari Gedung Pakuan menuju mobil jenazah.

Selengkapnya: Dimakamkan Hari Ini, Masyarakat dan Ratusan Pelajar Iringi Jenazah Eril Menuju Permakaman Keluarga di Cimaung

Dimakamkan Senin Siang, Warga Berbondong Ziarah ke Makam Eril

Emmeril Kahn Mumtadz atau yang akrab disapa Eril, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, telah dimakamkan hari ini Senin (13/6), di permakaman keluarga,  Desa/Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung.

Ribuan warga pun terpantau berbondong-bondong ziarahi makam Eril. Namun, warga yang hendak berziarah baru bisa masuk ke area permakaman setelah prosesi penguburan selesai.

Salah seorang warga sekitar, Darya (39), menuturkan bahwa warga sudah menunggu momen tersebut sejak beberapa hari terakhir.

“Setelah dipastikan bahwa pemakaman Eril dilaksanakan hari ini, sejak kemarin banyak warga yang datang ke sini untuk sekadar melihat tempat sekitar,” katanya.

Selengkapnya: Dimakamkan Senin Siang, Warga Berbondong Ziarah ke Makam Eril

Ini Fatwa MUI Tentang Hukum dan Panduan Ibadah Kurban Saat Kondisi Wabah PMK

MUI

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan hukum dan panduan ibadah Kurban saat kondisi wabah PMK.

Hukum Berkurban dengan Hewan yang Terkena PMK dan panduan untuk mencegahnya adalah sebagai berikut:

A. PMK merupakan penyakit hewan yang disebankan oleh virus yang sangat menular dan menyerang hewan berkuku genap/belah seperti sapi, kerbau dan kambing.

B. Hewan yang terkena PMK dengan gejala klinis kategori ringan, seperti lepuh ringan pada celah kuku, kondisi lesu, tidak nafsu makan, dan keluar air liur lebih dari biasanya. Dapat disembuhkan dengan pengobatan agar tidak terjadi infeksi dan pemberian vitamin atau herbal untuk menjaga daya tahan tubuh dalam waktu 4-7 hari. Maka hukum kurbannya sah.

Selengkapnya: Ini Fatwa MUI Tentang Hukum dan Panduan Ibadah Kurban Saat Kondisi Wabah PMK

Cuma Pakai KTP dan NPWP, Kini UMKM Bisa Ikut Pengadaan Barang Jasa Pemerintah

Diskominfo Bdg

Sebagai upaya mendukung pemulihan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pascapandemi Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus mendorong untuk para UMKM untuk memasarkan produknya melalui aplikasi Bela Pengadaan.

Kini, para pelaku usaha yang belum berbadan hukum pun bisa ikut dalam Pengadaan Barang Jasa Pemerintah dan ingin mendaftar di Aplikasi Bela Pengadaan cukup menyiapkan persyaratan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan NPWP.

Hal ini diungkapkan Sub koordinator layanan pengadaan secara elektronik pada bagian Pengadaan Barang Jasa Kota Bandung, Kusnendar, pada Rabu (15/6).

“Pemkot Bandung telah memberikan inisiatif agar UMKM berjualan langsung di e-katalog dan bela pengadaan kota bandung, dan para pelaku usaha bisa ikut berpartisipasi dalam pembangunan di kota Bandung,” ujar dia.

Selengkapnya: Cuma Pakai KTP dan NPWP, Kini UMKM Bisa Ikut Pengadaan Barang Jasa Pemerintah

Bukan Permanen, WFH Bagi ASN Pascapandemi Sesuai Kebutuhan

Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja usai acara JAPRI (Jabar Punya Informasi), di Gedung Sate, Selasa (14/6)

Tengah beredar wacana, bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan memberlakukan WFH permanen pascapandemi Covid-19.

Hal ini pun ditanggapi langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja. Ia mengklarifikasi, bahwa wacana penerapan Work From Home permanen bagi ASN di lingkungan Pemda Provinsi Jabar akan dilakukan sesuai dengan kebutuhan.

“Soal WFH permanen itu saya klarifikasi, ya. Jadi maksudnya bukan permanen ASN tidak masuk kantor selamanya, tetapi WFH itu akan tetap diberlakukan pascapandemi sesuai kebutuhan,” jelasnya, dalam acara Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Selasa (14/6).

Menurutnya, pemberlakuan itu sebagai salah satu wujud pelaksanaan sistem pemerintahan yang dinamis mengikuti perkembangan.

Selengkapnya: Bukan Permanen, WFH Bagi ASN Pascapandemi Sesuai Kebutuhan

Upaya Tekan Angka Pengguna Narkoba, BNN dan Pemkot Bandung Hadirkan Ruang Publik BERSINAR

Kepala BNN Kota Bandung, Wali Kota Bandung, dan BNN Jabar usai meresmikan Taman Panata Yuda sebagai ruang publik BERSINAR

Hasil survei prevalensi Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Bandung saat pandemi 2021 lalu menyatakan, penyalahgunaan narkoba di Kota Bandung mengalami peningkatan.

Dari semula 1,80 persen di tahun 2019, naik menjadi 1,95 persen di tahun 2021 dalam rentang usia pengguna 15-64 tahun. Maka untuk menekan angka ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bersama BNN Kota Bandung melakukan beragam ikhtiar.

Salah satunya adalah dengan sosialisasi ke sekolah-sekolah dan menyediakan tempat ‘bersinar’ (bersih narkoba) di ruang publik.

“Untuk lokasi ‘bersinar’ pertama, kita resmikan di Taman Panata Yuda. Ini merupakan ikhtiar kita dalam bersama-sama menanggulangi pengedaran narkoba yang di masa Covid-19 ini justru terjadi peningkatan peredarannya di Kota Bandung,” ungkap Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, usai meninjau Taman Panata Yuda, Rabu (15/6).

Selengkapnya: Upaya Tekan Angka Pengguna Narkoba, BNN dan Pemkot Bandung Hadirkan Ruang Publik BERSINAR

Hewan Terkena PMK Kini Bisa Divaksin, Kota Bandung Masih Tunggu Pendistribusian

Hewan yang terjangkit wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) di Indonesia kini bisa ditangani dengan cara vaksin. Vaksin hewan ternak khusus PMK ini telah didatangkan langsung dari Perancis.

Meski telah disalurkan ke beberapa titik wilayah di Indonesia, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung masih menanti informasi lebih lanjut mengenai hal ini.

“(Vaksin) sudah datang di Indonesia, tapi untuk distribusi ke daerah, termasuk Bandung belum ada infonya. Kita juga belum tahu apakah Kota Bandung akan dapat vaksin kloter 1 ini atau tidak,” ujar Kepala DKPP Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar, Kamis (16/6).

Sementara menurut Kepala Bidang Keamanan Pangan DKPP kota Bandung, drh. Ermariah, vaksin PMK ini akan lebih difokuskan pada sapi-sapi yang berusia panjang.

Selengkapnya: Hewan Terkena PMK Kini Bisa Divaksin, Kota Bandung Masih Tunggu Pendistribusian

Yana Minta Bobotoh-Bonek Tetap Tertib Jelang Laga Persib vs Persebaya

Jelang laga Persib Bandung melawan Persebaya Surabaya pada Jumat (17/6) malam nanti, Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meminta bobotoh dan bonek tetap tertib saat mendukung timnya.

Yana mengaku akan membantu para bonek, julukan pendukung Persebaya, agar nyaman selama berada di Kota Bandung.

“Tolong tertib. Bonek itu ada yang datang dengan kereta api, pesawat, bahkan bus. Itu mungkin sudah merencanakan tidur di saudaranya atau di hotel. Jika tidak, kita siapkan tempatnya di GBLA,” tutur Yana.

Meski begitu, Yana mengaku akan menyiapkan sebatas kemampuannya.

“Warga Bandung mah Someah Hade Ka Semah. Sebatas kemampuan kita,” katanya.

Selengkapnya: Yana Minta Bobotoh-Bonek Tetap Tertib Jelang Laga Persib vs Persebaya

Antisipasi Varian Baru Omicron, Ini Kata Wali Kota Bandung

Menanggapi varian baru Omicron, yakni BA4 dan BA5, Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menegaskan protokol kesehatan menjadi terpenting dalam menghadapi Covid-19.

“Dari dulu Covid-19 itu penyebarannya lewat droplet. Sebetulnya prokes minimal masker insyallah (aman),” katanya, Jumat (17/6).

Tak hanya itu, di Kota Bandung pun terus melaksanakan percepatan vaksinasi mulai dosisi 1 hingga dosis 3.

“Kita juga melengkapi vaksinnya, dosisi 1 hingga 3. Untuk rumah sakitnya tetap masih tersedia. Dari 1.700 Tempat Tidur (TT), saat ini 600 TT, yang terisi juga hanya 5 persen. Rumah Sakit dan fasilitas kesehatan kita siapkan, mudah-mudahan tidak dipakai,” ujarnya.

Soal relaksasi, Yana mengatakan, Kota Bandung masuk pada PPKM Level 1. Namun relaksasinya tidak euforia.

Selengkapnya: Antisipasi Varian Baru Omicron, Ini Kata Wali Kota Bandung

Itulah kabar sepekan yang telah dimuat dalam webiste www.infobdg.com dan telah dirangkum dalam satu halaman berita dalam CIGADUNG Berita Sepekan. Tetap berhati-hati dalam beraktifitas dan jaga selalu kesehatan Wargi Bandung.

714,036FollowersFollow
2,569,448FollowersFollow
43,650SubscribersSubscribe
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img