- Advertisement -

Deretan “Benteng Asing” Persib Bandung

Berita Lainnya

BANDUNG, infobdg.com – Persib Bandung selalu punya cerita menarik dari setiap lini, tak terkecuali dengan para punggawa di dalamnya. Pemain lokal dan asing selalu mewarnai perjalanan Persib Bandung, dan inilah deretan “Benteng Asing” yang pernah dan masih membela Persib Bandung.

Nyeck Nyobe George Clement 

Pemain belakang asal Kamerun ini diboyong Persib Bandung di tahun 2007, kiprahnya saat itu cukup menarik perhatian para bobotoh. Dengan perawakan yang tinggi, Nyeck mampu menjalankan tugasnya sebagai pemain belakang dengan cekatan. Dibawah kepemimpinan pelatih Archan Iuri, Nyeck saat itu berhasil membawa Persib ke puncak klasemen Liga Indonesia di paruh musim. Sayang, saat itu Nyeck harus dipinjamkan ke Persela Lamongan karena keterbatasan kuota pemain asing dan Persib membutuhkan tenaga asing lainnya, akhirnya posisi pemain asing lainnya diisi oleh Leo Chitescu yang berposisi sebagai gelandang. Selain berprofesi sebagai pemain sepak bola, Nyeck pun berprofesi sebagai Tentara di negaranya Kamerun.

Abanda Herman

Salah satu bek tangguh Persib Bandung yang masih diingat oleh bobotoh adalah Abanda Herman. Sempat menjadi salah satu bagian dari rival bebuyutan, tak membuat Abanda diragukan dalam setiap penampilannya. Datang ke Indonesia dengan memulai karirnya di klub PSM Makasar pada tahun 2004 – 2005, Abanda menjelma menjadi salah satu pemain belakang tangguh di Liga Indonesia. Terbukti klub Persija Jakarta langsung tertarik untuk merekrut jasanya. Setelah 4 tahun lamanya membela klub asal Ibu Kota, di tahun 2010 Abanda memutuskan untuk berpindah ke Persema Malang. Hanya selang 1 tahun, Abanda pun diminati oleh klub kebanggaan para bobotoh ini. Persib Bandung memboyong Abanda pada tahun 2011, namun hanya 2 tahun Abanda bertahan membela Persib, karena di tahun 2014 ia berpindah ke klub Barito Putra.

Baihakki Khaizan

Pria berkebangsaan Singapura ini menjadi salah satu pemain asing Asia Tenggara yang bermain di Liga Indonesia. Diboyong dari klub Geylang United di tahun 2009 oleh Persija Jakarta, Baihakki menjadi salah satu pemain belakang yang cukup ditakuti. Di masanya saat itu, Baihakki pun menjadi salah satu pemain andalan Timnas Singapura di setiap ajang Internasional. Setelah berkostum Persija Jakarta, Baihakki pun direkrut Persib Bandung di tahun 2010. Hanya bertahan 1 tahun di Persib Bandung, Baihakki pun berpindah klub di tahun 2011 ke Medan Chiefs.

Klub terakhir yang dibelanya adalah Tampines Rovers yang di mana adalah klub dari negaranya sendiri.

Vladimir Vujovic

Vlado sapaan akrabnya adalah salah satu pemain belakang Persib yang begitu dicintai oleh para bobotoh. Bagaimana tidak, Vladimir Vujovic menjadi salah satu pemain yang mengantarkan Persib Bandung meraih gelar juara di Liga Indonesia tahun 2014. Pria kelahiran Budva, SFR Yugoslavia 1982 ini berkarir sejak tahun 1999, membuat Vladimir Vujovic sarat akan pengalaman. Bersama Makan Konate dan lainnya, Vlado menjadi pemain yang sangat berpengaruh kala itu dalam skuad Maung Bandung. Karirnya di Persib Bandung harus berkahir di tahun 2017 dan berpindah ke Bhayangkara FC di tahun 2018.

Bojan Malisic

Pria yang dikenal dengan tampilan garang ini bergabung dengan Persib Bandung pada tahun 2018. Dengan postur tubuh yang kekar dan badan yang sangar, membuat Bojan sangat “ditakuti” oleh para striker lawan. Bojan bermain untuk Persib di masa kepemimpinan Mario Gomez, sayang kiprahnya di Persib Bandung harus berakhir di tahun 2019 karena pergantian pelatih kepada Robert Rene Albert. Posisi Bojan akhirnya digantikan oleh pemain asing lainnya, Nick Kuipers asal Belanda. Setelah selesai dengan Persib, Bojan pun sempat membela klub Indonesia lainnya yaitu Badak Lampung di tahun 2019 sampai 2020.

Nick Kuipers

Salah satu andalan Persib Bandung musim ini di bawah kepimpinan Robert Rene Albert adalah Nick Kuipers. Pemain belakang yang satu ini terbukti tangguh dalam menjaga pertahanan Persib Bandung di Liga Indonesia musim ini. Bergabung di tahun 2019, tidak lama untuk Nick bisa beradaptasi dengan atmosfer Liga Indonesia. Pria berumur 29 tahun ini direkrut dari klub asal Belanda ADO Den Haag pada tahun 2019, Nick menjadi salah satu pemain penting dari setiap pertandingan Persib Bandung. Kini, Nick bekerjasama dengan Victor Igbonefo dan Ahmad Jufrianto di lini belakang Maung Bandung.

Itu dia sederet pemain asing yang sempat dan masih memperkuat Persib Bandung, masih banyak nama lainnya yang sempat membela Maung Bandung. Mari kita dukung terus tim kebanggaan kita untuk meraih juara, tapi tetap juga jaga sportivitas ya wargi Bandung.

Sumber: Wikipedia

 

 

 

714,036FollowersFollow
2,595,712FollowersFollow
43,650SubscribersSubscribe
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img