Tempat Wisata Hits di Bandung Tahun 2015 #2

0
2997
BANDUNG, infobdg.com – 2016 didepan mata. Wargi Bandung masih ingat dengan daftar tempat wisata yang tiba-tiba booming dan didatangi oleh para travelers di Bandung secara tiba-tiba? Kalau lupa, Mimin punya list beberapa tempat wisata di Bandung yang menjadi buruan selama 2015. Ini dia!

 

Sanghyang Heuleut

Kabupaten Bandung Barat kembali menjadi incaran destinasi wisata karena danau cantik tersembunyi diantara batu-batu menjulang. Sanghyang Heulet, danau kecil yang dihimpit oleh bukit dan saling bersambungan dengan Sanghyang Tikoro dan Sanghyang Poek. Untuk sampai ke Sanghyang Heuleut, Wargi Bandung harus hiking sekitar 1,5-2 jam dari tempat parkir di dekat dengan PLTA Saguling.

shyang heuelut

Jalan setapak ditengah perkebunan sekitar 1km akan dilewati sebelum sampai ke Sanghyang Poek. Sampai di Sanghyang Poek, Wargi Bandung akan menemukan gua yang gelap dan tembus ke sungai dengan volume air yang sedikit serta penuh bebatuan.

Disini ada dua jalur hiking untuk sampai ke Sanghyang Heuleut. Ada jalur melewati bukit seperti perkebunan dengan jalan setapak dan melewati sungai penuh batu-batu. Setelah perjalanan sekitar 1 -1,5 jam dari Sanghyang Poek. Wargi Bandung akan menemukan surga tersembunyi di Kabupaten Bandung Barat. Sebuah danau kecil diantara gunung menjulang, setelah mendekati lokasi Wargi Bandung harus berhati-hati karna jalan menuju lokasi utama cukup sulit. Batu-batu  besar yang tidak beraturan membuat sulit perjalanan.

 

Maribaya Natural Hot Spring And Resort

Maribaya yang sempat ditutup oleh pemerintah karena renovasi, kini benar-benar berubah 180 derajat dengan renovasi dan penambahan fasilitas yang sempurna. Air panas natural di Maribaya dikenal dapat menyembuhkan berbagai penyakit 1835 hingga sekarang. Air pemandian di Maribaya mengandung senyawa natrium bikarbonat. Sifatnya basa lemah dengan konsentrasi ion hydrogen  sebesar pH 6,6 -7,3 dan suhu airnya 45,1 derajat Celcius.

Beberapa fasilitas yang tersedia diantaranya:

  • Food court Langlang Buana
  • Kolam pancing Talaga Giri
  • Kolam Tangkap Ikan Talaga Giri
  • Area Barbeque Saung Iteung
  • Kolam Ikan Air Dingin
  • Kolam Rendam Kaki Air Panas
  • Kolam Rendam Air Panas Alam
  • Twig Café kapasitas 250 orang
  • Yoga Hill Swargaloka
  • Kolam rendam VIP Tirta Sawarna
  • Kamar Rendam Tirta Raga
  • Amphitheatre Bale Piton
  • Sky Brige di Area Bale Piton
  • Playground Children

Situ Cileunca

Situ Cileunca tahun 1918-an adalah daerah sunyi dipenuhi pohon dan tanaman belantara. Tempat ini dibuat danau buatan diatas ketinggian 1550 mdpl, dengan luas sekitar 1.400 ha dan kedalaman mencapai 17 meter. Awalnya danau buatan ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan perairan warga setempat dan berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Seiring berjalan waktu, danau buatan ini bertransformasi menjadi objek wisata karena menyajikan panorama alam yang luar biasa indahnya dengan dilengkapi dengan background pegunungan dan perbukitan alami yang sangat indah. Di sekitar situ terdapat camping ground, untuk yang ingin kemping disini. Situ Cileunca juga dilengkapi dengan perkebunan arbei dan stroberi. Selain itu kini objek wisata ini disambungkan dengan sungai palayangan yang akhirnya membuka juga fasilitas flying fox dan arum jeram dengan berbagai varian tarif dan fasilitas yang berbeda setiap paketnya.

Situ-Cileunca-Pangalengan

Satu lagi yang membuat menarik Situ Cileunca adalah keberadaan Jembatan Cinta. Konon disebut Jembatan Cinta karena setiap sore banyak pasangan yang berpacaran di Jembatan Cinta. Belum lagi karna Jembatan Cinta menghubungkan dua desa, jadi banyak pasangan dari dua desa itu terpisahkan dan akhirnya bertemu di Jembatan Cinta.

 

Curug Batu Tumplek

Curug Batu Templek ini terletak di Pasir Impun, Ujung Berung. Akses jalannya pun mudah, dari Jalan Pasir Impun (Dari arah Cicaheum Belok kiri setelah LP Sukamiskin) Wargi Bandung tinggal terus ke atas sampai ketemu Jalan Pasir Impun Atas lanjut ke atas sampai ke Jalan Cisanggarung. Dari Jalan Cisanggarung Wargi Bandung sudah dekat dengan Curug Batu Templek ini. Daerah Batu Templek merupakan penambangan batu, jadi di arah jalan menuju ke sana menemukan beberapa pengrajin batu alam.

batu tumplek

Keunikan Curug ini adalah aliran airnya keluar dari sela-sela bebatuan. Menurut para ahli Batu Templek ini merupakan fenomena menarik khas Cekungan Bandung yang pada ketinggian tertentu air mengalir dari sela-sela batuan beku.  Batu Templek merupakan jenis batuan metamorf yang terbentuk karena perubahan tekanan dan suhu yang tinggi atau panas bumi. Templek, lempeng atau yang lebih dikenal dengan Slate terbentuk dari lempung dan batuan shale. Dinamakan batu templek atau batu lempeng karena batu nya menyerupai lempengan tipis.

 

Curug Citambur

Curug Citambur berada diperbatasan Ciwidey dan Kabupaten Cianjur. Akses jalan ketempat eksotis ini memang cukup sulit. Wargi Bandung akan menikmati hembusan jutaan volume air yang terjun bebas dari tebing yang berketinggian 100 meter (versi google earth). Menurut warga sekitar dan pemerintah setempat yakin, curug ini berketinggian 130 meter.

curug citambur

Semburan uap airnya sangat deras dari jarak 50 meter padahal dari kolam limpasan aja, bukan kolam utama. Konon, dulu debit air Curug ini lebih besar daripada sekarang sehingga jatuhan air nya mengeluarkan suara burr..burr.. yang terdengar dari kejauhan, oleh sebab itulah Curug ini diberi nama Citambur. Tebing tinggi membentang dari arah Barat ke Timur. Sekeliling air terjun terlihat masih sangat hijau dan asri.

Photo by:

reswaraku.blogspot.com
www.wisatatourbandung.com

 

Komentar

Total Komentar