Jabar-BIN Gelar Tes Masif di Gedung Sate, Tiga Orang Reaktif

Berita Lainnya

Peringati HUT RI, Warga Diimbau Serentak Bunyikan Sirine Pada 17 Agustus 2020

BANDUNG, infobdg.com - Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-75 tinggal menghitung hari. Pada Senin, 17 Agustus mendatang, Warga Kota Bandung diimbau untuk membunyikan sirine...

Digelar Sampai Akhir September, Ini Sederet Promo Acer Day 2020

BANDUNG, infobdg.com - Wargi Bandung pecinta produk Acer? Pas banget! Karena tahun ini, gelaran rutin Acer Day bakal berlangsung sampai akhir September 2020. Acer Day...

Ridwan Kamil Pimpin Safari Kebhinekaan Pertama di Jabar

INDRAMAYU, infobdg.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, memimpin safari kebhinekaan pertama di Jabar yang digelar mulai dari Islamic Centre Indramayu, Vihara Dharma Rahayu,...

Konflik PERSIB dan 36 PS Memanas, Ini Tanggapan Eko Maung

BANDUNG, infobdg.com - Konflik antara 36 Persatuan Sepak Bola (PS) dengan PT. Persib Bandung Bermartabat (PBB) kini tengah mencuat ke publik. 36 PS disebut...

BANDUNG, infobdg.com – Badan Intelijen Negara (BIN) bersama Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat menggelar tes masif di Gedung Sate, Bandung, pada Jumat (26/6).

Dikatakan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar, Ridwan Kamil, bahwa pihaknya memfokuskan pengetesan masif di tiga zona.

“Pasar yang kami waspadai, kemudian pariwisata, yang ketiga titik berangkat dan pergi, seperti terminal dan stasiun,” kata Kang Emil, sapaan akrabnya, Jumat (26/6).

Hasilnya, kata Emil, tiga orang dinyatakan positif Covid-19 dalam pengetesan masif. Mereka yang positif langsung mendapat penanganan sesuai prosedur kesehatan.

“Ada yang ditemukan tiga orang positif dan sudah dirujuk ke rumah sakit di Kota Bandung,” ucap dia.

Selain di Gedung Sate, pengetesan masif juga berlangsung di Cijerah dan Balai Kota Bandung.

Agar pengetesan masif berjalan optimal, Emil telah menyiapkan sebanyak 627 Mobile Covid-19 Test dan disiapkan gugus tugas provinsi untuk mengambil sampel di kecamatan-kecamatan. Mobile Covid-19 Test akan dilengkapi dengan alat rapid test dan alat pelindung diri (APD) bagi petugas yang mengambil spesimen.

“Baik 627 ambulans yang disulap jadi mobil rapid test, maupun skala-skala canggih BSL-2 dan BSL-3 yang sudah kami operasikan,” kata Emil.

Sementara itu, Staf Khusus Kepala BIN, Mayjen TNI Suyanto, mengatakan, warga yang reaktif rapid test akan langsung melaksanakan swab test. BIN sendiri mengoperasikan dua mobil laboratorium PCR dalam pengetesan masif.

“Kami membawa dua unit mobil laboratorium, bahwa setelah (hasil tesnya) reaktif bisa langsung dilaksanakan swab, sehingga hasilnya bisa langsung terlihat. Kami juga membawa kru petugas yang bekerja di sini sebanyak empat puluh orang medis dan dokter, dan juga dibantu oleh BINDA sebanyak lima belas orang,” beber Suyanto.

Suyanto berharap, pengetesan masif yang dilakukan BIN dan gugus tugas provinsi dapat memutus rantai penularan penyebab Covid-19.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan rapid test ini tentunya bisa memutus mata rantai penyebaran Covid yang ada di Jawa Barat ini. Untuk berikutnya nanti tempat-tempat lain nanti kami komunikasikan juga dengan gugus tugas berdasarkan hasil survei,” pungkasnya.

Dalam pengetesan masif kali ini, sebanyak empat belas dari 685 orang dinyatakan reaktif dan langsung menjalani swab test.

- Advertisement -
- Advertisement -

Kuliner Bandung #DirumahAja

Keiko Food: Tetap Bisa Menikmati Suki Dimana Saja

KULINER, infobdg.com - Setelah sekian lama mimin nggak makan yang berkuah, gurih, dan juga pedas, akhirnya sekarang kesampaian juga. Mimin kemarin habis coba menu suki...

Troistan: Stok Dessert Kekinian Walau #DiRumahAja

KULINER, infobdg.com - Ingin dessert kekinian yang bisa disimpan di lemari es dan bisa dimakan kapan aja? Troistan ini cocok banget buat stok dessert-nya...

Bacikom: Nikmati Baso Aci Instan Saat #DiRumahAja

KULINER, infobdg.com - Wargi Bandung lagi kangen jajan baso aci nggak nih? Mimin mau kasih tahu baso aci instan yang bisa Wargi Bandung nikmati...