- Advertisement -

CIGADUNG Berita Sepekan: 09/01/2022

Berita Lainnya

BANDUNG, infobdg.com – Kabar selama sepekan telah dirangkum dalam 1 artikel berita, inilah CIGADUNG Berita Sepekan.

Keluarga Baru di Kebun Binatang Bandung, Lahir 2 Ekor Singa Lucu

Docs. Bazoga

Bandung Zoo Logical Garden (Bazoga) tengah menyambut kedatangan keluarga baru. Pasalnya, telah lahir dua ekor singa di Kebun Binatang Bandung itu. Diketahui, anak singa tersebut berjenis kelamin jantan dan betina.

Keduanya lahir pada 28 November 2021 lalu. Dikatakan Sulhan Syafi’i, Marketing Komunikasi Bazoga, sejak lahir, kedua anak singa tersebut tidak pernah ditangani oleh keeper, juga tidak pernah disentuh, tetapi langsung dirawat oleh induknya.

“Langsung disusui dan diajak bermain,” beber Sulhan, kepada InfoBDG, Minggu (2/1/2022).

Selengkapnya di : https://www.infobdg.com/v2/keluarga-baru-di-kebun-binatang-bandung-lahir-2-ekor-singa-lucu/

Jawa Barat Kebut Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Tahun 2022

Ilustrasi Vaksinasi

Awali tahun 2022, Pemerintah Jawa Barat masih terus kebut penyuntikan vaksin untuk anak 6-11 tahun. Hal ini dilakukan untuk mencapai kekebalan komunal dan mempercepat penyerapan vaksin.

Adapun 180 ribu dosis dalam waktu dekat atau akhir Januari 2022 akan dijadikan booster untuk pekerja kesehatan dan TNI/Polri.

“Sambil mempercepat kepada yang usia 6-11 sebagai objek baru, jika terlalu mepet kita akan berikan sebagai booster tapi hanya kepada pekerja kesehatan dan TNI/Polri itu kebijakan di Jabar,” ujar Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (4/1/2022).

Selengkapnya di: https://www.infobdg.com/v2/jawa-barat-kebut-vaksinasi-anak-6-11-tahun-di-tahun-2022/

Kasus Tabrak Lari di Nagreg Masuki Babak Baru, Ini Kata DPR

sumber: istimewa via suaramerdeka.com

Beberapa waktu lalu, viral kasus tabrak lari yang menewaskan Handi Harisapurta (18) dan Salsabila (18) asal Nagreg, Kabupaten Bandung. Keduanya diketahui menjadi korban tabrakan oleh anggota TNI.

Sebelumnya, penabrak mengaku akan membawa korban ke Rumah Sakit. Namun, ternyata penabrak malah membuang korban ke sungai di daerah Jawa Tengah dengan kondisi salah satunya masih dalam keadaan hidup.

Kasus ini pun diketahui tengah memasuki babak baru. Pelaku diketahui merupakan Perwira TNI Kolonel P yang dibantu Kopral Dua DA dan Kopral Dua AS. Saat ini kasusnya memasuki tahap rekontruksi oleh Pusat Polisi Militer Angkatan Darat (Puspomad) TNI di dua tempat, yaitu di lokasi tabrakan jalan Nagreg, Kabupaten Bandung, dan lokasi pembuangan mayat di sungai Tajum Banyumas.

Selengkapnya di: https://www.infobdg.com/v2/kasus-tabrak-lari-di-nagreg-ini-kata-dpr/

Dinilai Resahkan Kalangan Pengusaha, Apindo Jabar Desak Ridwan Kamil Batalkan SK Kenaikan Upah Buruh

Ketua DPP Apindo Jabar, Ning Wahyu

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Barat, mendesak Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, untuk membatalkan surat keputusan (SK) Kenaikan Upah yang sebelumnya telah ditandatangani pada 3 Januari 2022 lalu.

SK yang dimaksud adalah Nomor 561/KEP. 874-Kesra/2022 tentang Kenaikan Upah Bagi Pekerja/Buruh dengan masa kerja lebih dari 1 (satu) tahun pada perusahaan di Jawa Barat.

Dalam SK tersebut, Gubernur Jawa Barat memberikan aturan kenaikan UMK sebesar 3,27% hingga 5% dari besaran UMK 2022, di mana kenaikan UMK tersebut berlaku bagi pekerja dengan masa kerja di atas 1 tahun.

Selengkapnya di: https://www.infobdg.com/v2/dinilai-resahkan-kalangan-pengusaha-apindo-jabar-desak-ridwan-kamil-batalkan-sk-kenaikan-upah-buruh/

Ridwan Kamil Pastikan Belum Ada Transmisi Lokal Omicron di Jawa Barat

Gubenur Jawa Barat, Ridwan Kamil

Meski 20 warga Jawa Barat (Jabar) benar terinfeksi Covid-19 varian Omicron, namun Gubernur Jabar Ridwan Kamil memastikan, bahwa Omicron tersebut terdeteksi di luar wilayah Jabar, seperti Bandara.

Adapun transmisi lokal di dalam wilayah Jabar hingga kini belum ditemukan. Namun seiring bertambahnya pasien Covid-19 Omicron dan ada transmisi lokal di provinsi lain, ia mengimbau warga agar waspada dan disiplin prokes.

“Hari ini tercatat (identitas KTP) warga Jabar yang datang dari luar negeri kemudian dikarantina dan diketahui terpapar omicron ada 20 orang, tapi tidak di level komunitas (transmisi lokal).  Semuanya tersisir di batas negara yaitu di bandara, cuma KTP- nya tercatat sebagai warga Jabar,” ujar Kang Emil, sapaan akrabnya, di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (5/1/2022).

Selengkapnya di: https://www.infobdg.com/v2/ridwan-kamil-pastikan-belum-ada-transmisi-lokal-omicron-di-jawa-barat/

Tak Penuhi Syarat, Ribuan Orang Gagal Berangkat Pada Masa Nataru 2022 di Daop 2 Bandung

Foto: Humas PT KAI Daop 2 Bandung

PT Kereta Api Indonesia (Persero) resmi menutup pelaksanaan posko Natal dan Tahun Baru 2022 yang telah berlangsung sejak 17 Desember 2021 s.d 4 Januari 2022. Selama masa Nataru tercatat sebanyak 4.442 calon pengguna jasa KA yang gagal berangkat dikarenakan tidak terpenuhinya persyaratan perjalanan menggunakan KA.

Selama masa Nataru kali ini Daop 2 Bandung melayani total 536.817 pelanggan KA, terdiri atas 77.472 pelanggan KA Jarak Jauh dan 459.345 pelanggan KA Lokal.

Jika dibandingkan dengan jumlah tempat duduk yang disediakan pada masa Nataru 2021/2022, okupansi KA jarak jauh hanya mencapai 54,5 % sementara KA lokal hanya mencapai 66,6% dari tempat duduk yang disediakan.

Selengkapnya di: https://www.infobdg.com/v2/tak-penuhi-syarat-ribuan-orang-gagal-berangkat-pada-masa-nataru-2022-di-daop-2-bandung/

PTM 100 Persen Boleh, Yana: Asal Sudah Divaksin

ilustrasi

Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kota Bandung sudah bisa dilaksanakan asalkan para murid sudah divaksin. Hal ini ditegaskan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

PTM harus berjalan aman dan nyaman agar seluruh masyarakat sekolah terhindar dari Covid-19. Hal ini pun merupakan upaya pemerintah untuk memberikan ruang bagi pendidikan.

Sesuai data, jumlah sekolah PTMT pada tahap 3 yaitu 555 sekolah di berbagai tingkatkan. Tahap 2 yaitu 1,677 berbagai tingkatkan dan tahap 1 yaitu 330 dari berbagai tingkatkan dengan total 2.562 total sekolah.

Selengkapnya di: https://www.infobdg.com/v2/ptm-100-persen-boleh-yana-asal-sudah-divaksin/

Gunakan Rail Clinic, PT KAI Daop 2 Bandung Gelar Vaksinasi Bagi Warga Wanaraja

Foto: Humas PT KAI Daop 2 Bandung

PT KAI Daop 2 Bandung menggelar kegiatan vaksinasi bagi warga yang tinggal di wilayah Stasiun Wanaraja, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut tepatnya bagi warga di Desa Sindang Mekar, Sindang Prabu dan Wanasari dengan menggunakan Rail Clinic, Kamis (6/1).

Rail Clinic merupakan kereta kesehatan milik PT KAI yang diperuntukan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat yang ada di sepanjang jalur kereta api.

Dalam kegiatan Rail Clinic di Stasiun Wanajaya ini, Tim Kesehatan PT KAI Daop 2 Bandung menargetkan dapat memberikan pelayanan vaksinasi kepada 500 orang, yaitu dengan menyuntikkan vaksin Sinovac baik yang membutuhkan vaksin dosis pertama maupun kedua.

Selengkapnya di: https://www.infobdg.com/v2/gunakan-rail-clinic-pt-kai-daop-2-bandung-gelar-vaksinasi-bagi-warga-wanaraja/

Kota Bandung Siap PTMT 100 Persen per 10 Januari 2022

Ilustrasi PTMT

Per 10 Januari 2022, Dinas Pendidikan Kota Bandung telah siap melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) di sekolah 100%. Sebelumnya, PTMT di Kota Bandung telah dimulai sejak Juni 2021 lalu dengan melibatkan 330 Satuan Pendidikan yang menyatakan siap dan lulus verifikasi validasi untuk mengikuti tahapan ujicoba.

PTMT kelompok 1 ini pun berjalan lancar dan akhirnya dilanjutkan ke tahapan transisi pada 8 September 2021. Seiring berjalannya waktu dan kondisi pandemi Kota Bandung terus membaik, Dinas Pendidikan bersama SKPD terkait mengizinkan 1.677 Satuan Pendidikan untuk melaksanakan tatap muka tahapan ujicoba kelompok 2 pada 16 September 2021. Dilanjut Kelompok 3 sebanyak 632 Satuan Pendidikan pada November 2021.

Selengkapnya di: https://www.infobdg.com/v2/kota-bandung-siap-ptmt-100-persen-per-10-januari-2022/

Mal Pelayanan Publik Kota Bandung Siap Beroperasi, Berikut Daftar Gerai Pelayanannya

Mal Pelayanan Publik Kota Bandung di Jalan Cianjur

Tahun ini, Kota Bandung akan memiliki Mal Pelayanan Publik (MPP) yang berlokasi di Jalan Cianjur. Dikatakan Plt Walikota Bandung, Yana Mulyana, pembangunan MPP tersebut akan segera rampung dan diperkirakan mulai bisa digunakan pada April mendatang.

Mal ini hadir untuk memberikan kemudahan dalam proses perizinan. Wargi Bandung bisa memperoleh pelayanan satu pintu yang mudah diakses. Kecepatan serta kenyamanan menjadi kunci mal pelayanan publik.

Namun sebelum itu, pada Jumat 7 Januari 2022, rencananya akan dilaksanakan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) antara Wali Kota Bandung dengan instansi pengisi MPP tersebut.

Selengkapnya di: https://www.infobdg.com/v2/mal-pelayanan-publik-kota-bandung-siap-beroperasi-berikut-daftar-gerai-pelayanannya/

*CIGADUNG Berita Sepekan 09/01/2022

714,036FollowersFollow
2,564,349FollowersFollow
43,650SubscribersSubscribe
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img